Langkah Membuat Sajak Basa Sunda

5 Langkah Membuat Sajak Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Langkah-langkah membuat sajak Sunda sebetulnya cukup mudah. Kita tinggal menulis sajak sesuai unsur-unsur intrinsik dengan rangkaian kata yang indah dibaca.

Kalau begitu, kita harus tahu dulu apa saja unsur-unsur intrinsik sajak. Yang dimaksud unsur intrinsik adalah unsur yang terkandung di dalamnya.

Unsur dan langkah mengarang sajak basa Sunda dan puisi bahasa Indonesia sama saja, tidak ada bedanya. Perbedaan sajak Sunda dan Indonesia hanya bahasa yang digunakan.

Penulisan sajak atau puisi tidak terikat oleh ketentuan wirahma (irama), guru wilangan (jumlah suku kata), guru lagu (vokal akhir baris), dan purwakanti (rima). Namun unsur estetika menjadi sesuatu yang penting dalam pembuatan sajak atau puisi.

Unsur intrinsik Sajak

  1. Tema
  2. Suasana
  3. Imajinasi
  4. Simbol atawa perlambang
  5. Wirahma jeung purwakanti
  6. Gaya basa

Langkah Membuat Sajak

Berikut ini langkah dan cara mengarang sajak Sunda:

1. Menentukan tema

Tentukan dulu temanya mau tentang apa. Mislnya tema alam, agama, pendidikan, cinta, dan lain-lain.

2. Tentukan rasa dan suasana

Setelah menentukan tema, langkah berikutnya menentukan rasa dan suasana. Misalnya sajak tentang cinta bisa suasana gembira atau sedih.

Perasaan gembira itu apakah saat PDKT atau ketika jadian. Kalau sedih, apakah ketika putus atau ditinggal nikah, dan sebagainya.

3. Gunakan imajinasi

Bisa imajinasi penglisahan (visual), pendengaran (audio), atau perasaan. Misalnya srangenge hurung ngagebur merupakan imajinasi visial, ngaguludug handaruan merupakan imajinasi audio, sedih taya papadana merupakan imajinasi perasaan.

4. Gunakeun simbol atau perlambang

Misalnya kekerot nyabak goban merupakan simbol marah.

5. Menyusun kata

Pilih kata yang indah dibaca, yaitu memiliki wirahma (irama), murwakanti (rima) dan mengandung gaya basa. Gaya basa contohnya ada di lirik lagu bubuy bulan; sangray bentang dan panon poe disasate.

Baca juga: Contoh Sajak Sunda Pendek dan Artinya

Itulah unsur instrinsik dan langkah membuat sajak bahasa Sunda. Semoga uraian singkat tadi bermanfaat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *