Kosakata frasa bahasa Sunda populer untuk percakapan sehari-hari

60 Frasa Bahasa Sunda Loma untuk Percakapan Sehari-hari

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Pada postingan belajar bahasa Sunda kali ini saya kan bagikan kumpulan frasa bahasa Sunda loma yang sering dipakai dalam percakapan sehari-hari. Bahasa Sunda loma adalah bahasa yang tidak kasar dan tidak halus.

Basa Sunda loma tidak kasar jiga digunakan dengan teman sepantaran atau orang yang sudah akrab. Namun jadi tergolong kasar jika diucapkan dalam paguneman dengan orangtua, guru, saluhureun, atau orang baru kenal.

Frasa bahasa Sunda loma untuk percakapan sehari-hari

  1. Anu saha? = punya siapa?
  2. Arék moal? = jadi enggak?
  3. Aya saha waé? = ada siapa aja?
  4. Bae embung mah = kalau gak mau ya udah
  5. Basa eta = Waktu itu
  6. Basa teun = Waktu itu
  7. Belet betong = jarang, sering bolos
  8. Cing tulungan = tolongin lah
  9. Didagoan di dieu = ditungguin di sini
  10. Gancang tong hararésé = cepetan gak pake lama
  11. Hadé hadé waé = bagus, keren
  12. Hampura poho = maaf (saya) lupa
  13. Hampura teu dihaja = maaf tidak disengaja
  14. Hayang embung? = mau enggak?
  15. Hayang seuri = pengen ketawa
  16. Hayu buru = ayo cepetan
  17. Hoream usik = malas gerak (mager)
  18. Jeung saha? = dengan siapa?
  19. Jung tiheula = silakan duluan
  20. Kajeun teuing = biarin
  21. Kela dagoan = Tungguin sebentar
  22. Kela sakeudeung = Tunggu sebentar
  23. Keur naon? = sedang apa?
  24. Kuma dinya = terserah kamu
  25. Kuma engké = bagaimana nanti
  26. Kuma manéh = terserah kamu
  27. Kumaha dinya = terserah kamu
  28. Kumaha wéh? = terus gimana?
  29. Mere hate = memberi harapan
  30. Moal pipilueun = tidak akan ikut-ikutan
  31. Moal tulus = tidak akan jadi
  32. Moal waka = enggak dulu
  33. Naon éta? = apa itu?
  34. Ngeunah pisan = sangat nikmat
  35. Nyaho dinaon = tahu apa
  36. Paduli teuing = emang gue pikirin
  37. Piraku daek = masa mau
  38. Pulang anting = bolak balik
  39. Répéh! gandéng = diam! berisik
  40. Sabodo teuing = biarin
  41. Saha waé? = siapa saja?
  42. Sing loba = yang banyak
  43. Sok kadieu = silakan ke sini
  44. Sok wéh = silakan
  45. Sugan teh = kirain
  46. Teu becré = tidak bagi-bagi
  47. Teu euweuheun = mentang-mentang
  48. Teu katempo = tidak terlihat
  49. Teu kudu nyaho = tidak perlu tahu
  50. Teu tulus = tidak jadi
  51. Tong dibéja-béja = jangan disebarkan, jangan dibocorkan
  52. Tong lila / ulah lila = jangan lama
  53. Tong loba teuing = jangan terlalu banyak
  54. Tong moyok = jangan meledek
  55. Tong pipilueun = jangan ikut campur
  56. Tong poho = jangan lupa
  57. Ulah poho = jangan lupa
  58. Wayah kumaha? = menanyakan waktu tapi tidak spesifik ke jam. jawaban misalnya: pagi, sore, dll.
  59. Wayah naon? = sama dengan wayah kumaha.
  60. Yap kadieu = mari ke sini

Lihat juga: Kamus Bahasa Sunda – Indonesia Lengkap

Itulah 60 kosakata atau frasa basa Sunda loma populer untuk percakapan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *