Arti Adigung Adiguna dan Contoh Kalimatnya

Arti Adigung Adiguna dan Contoh Kalimatnya

2 Dilihat

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Di dalam bahasa Sunda ada babasan atau ungkapan adigung adiguna. Babasan adalah kecap kantétan anu geus matok tur ngabogaan harti injeuman. Artinya kata majemuk yang susunan katanya sudah tentu serta memiliki makna konotasi atau kiasan.

Babasan adigung adiguna ini terdiri atas dua kata, yaitu adigung dan adiguna. Arti denotasi atau arti kata menurut kamus, adigung artinya meninggikan diri karena merasa lebih kaya, lebih pintar, atau punya kekuasaan. Adiguna artinya nonjolkeun kabisa atawa kaparigelan (bersifat menonjolkan kepandaian).

Baca juga: Arti Kata Adigung dalam Kamus Bahasa Sunda

Makna kiasan

Adigung adiguna artinya sangat takabur, sangat sombong karena merasa diri lebih dari orang lain. Manusia yang takabur sangat tidak disukai oleh sesama manusia dan dibenci oleh Alloh SWT.

Babasan ini memiliki makna yang sama dengan babasan gede hulu dan paribasa asa aing uyah kidul. Kebalikan dari sifat adigung adiguna adalah depe-depe handap asor.

Baca juga:

444 Babasan Sunda dan Artinya

555 Paribasa Sunda dan Artinya

Contoh kalimat

Ulah sok — pédah keur jaya da manusa mah tara cicing dina hiji perkara. Jangan takabur mentang-mentang sedang jaya/sukses karena manusia tidak tetap pada satu tempat/kedudukan.

Cacakan karék jadi RT ogé geus —, komo lamun jadi bupati. Baru jadi RT juga sudah takabur, apalagi kalau jadi bupati.

Demikianlah, semoga penjelasan di atas bermanfaat.