Arti peribahasa Aya Hate kadua leutik

Arti Aya Haté Kadua Leutik dan Contoh Kalimatnya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya Sunda. Apakah kamu pernah tertarik atau naksir lawan jenismu? Kalau yang sudah mengenal cinta pastinya pernah mengalami.

Hal yang wajar kalau seseorang suka atau naksir pada lawan jenisnya. Tapi jangan sampai melampaui batas. Kalau sudah mapan, segera lamar dan halalkan dengan mengucapkan ijab kabul.

Saya tidak akan membahas tentang lamaran atau pernikahan. Tetapi pada postingan kali ini saya akan membahas arti ungkapan “aya haté kadua leutik” dilengkapi dengan contoh kalimatnya.

Ungkapan Sunda ini ada kaitannya dengan tulisan saya pada pembuka artikel ini.

Aya haté kadua leutik terdiri atas empat kata. Arti kata dasar penyusun ungkapan aya haté kadua leutik jauh beda dengan arti ungkapannya secara utuh.

Arti kata-kata dasarnya yaitu:

aya = ada

haté = hati

kadua = kedua

leutik = kecil

Jika kita artikan menurut kada dasarnya bakal jadi “ada hati kedua kecil”. Tapi arti sebenarnya bukanlah itu.

Arti aya haté kadua leutik

Arti aya haté kadua leutik adalah adalah perasaan suka atau cinta seseorang kepada lawan jenisnya. Kalau dalam bahasa Sunda disebutnya bogoh. Bisa juga diartikan naksir diam-diam atau tak diungkapkan.

Aya haté kadua leutik artinya memang mirip dengan ungkapan aya nu dianjing cai. Tapi sebetulnya beda.

Bedanya, kalau aya nu dianjing cai itu ada perempuan yang dituju, diincar, didekati atau dicintai. Sedangkan aya haté kadua leutik itu artinya naksir atau mencintai seseorang.

Bisa jadi semacam PDKT (pendekatan) yang diam-diam. Mencintai diam-diam tidak berarti sembunyi-sembunyi.

Contoh kalimat aya haté kadua leutik

  • Jang Husni aya haté kadua leutik ka nyi Yayu (dek Husni mencintai dek Yayu)
  • Paingan sok bura béré waé, sihoréng téh aya haté kadua leutik (Pantesan suka ngasih sesuatu, ternyata naksir)
  • Jang Wahyu aya haté kadua leutik ka awéwé nu sok mineng ulin jeung adina (dek Wahyu menyukai perempuan yang sering main sama adiknya)

Itulah penjelasan dan contoh kalimat ungkapan Sunda aya haté kadua leutik. Kalau artikel ini berguna, silakan bagikan ke teman-temanmu melalui media sosial. Semoga bermanfaat.