Arti Beres ku Carita Punah ku Dibayar

Arti Beres Ku Carita Punah Ku Dibayar

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Lamun aya nu nagih ulah nyumput, mun boga gancang bayar, mun can aya pek nyarita sabab hutang mah beres ku carita punah ku dibayar. Artinya kalau ada yang menagih hutang jangan bersembunyi, jika sudah punya segera bayar, kalau belum ada silakan bicara sebab hutang itu selesai dengan dibicarakan dan lunas dengan dibayar.

Itu tadi contoh pepatah Sunda ketika menghadapi penagih hutang. Janganlah bersembunyi karena hanya akan mengakibatkan penagih hutang semakin kesal. Hadapilah dengan penuh tanggung jawab dan itikad baik. Jangan sampai edan eling, waktu nganjuk eling waktu ditagih edan.

Paribasa beres ku carita punah ku dibayar mengandung arti bahwa urusan utang piutang tidak akan menyisakan masalah yang berkepanjangan jika dibicarakan baik-baik dan dilunasi. Jika belum mampu melunasi, maka bicarakanlah baik-baik, jangan menghindar. Meskipun pembicaraan tidak membuat hutang jadi lunas tetapi dapat menghilangkan permasalahan.

Peribahasa ini mengajarkan kita untuk berjiwa ksatria dan bertanggungjawab. Jangan lari dari masalah atau lepas tanggung jawab.

Urusan hutang sering kali membuat hubungan yang awalnya baik jadi tidak baik. Komunikasi yang tadinya lancar jadi terputus. Yang punya utang belum membayar utangnya bisa jadi karena belum ada, bukan berniat tidak membayar. Tetapi karena dia malu meminta perpanjangan waktu atau enggan minta maaf karena belum bisa melunasi hutangnya (era nyarita), maka timbullah masalah. Padahal jika dibicarakan baik-baik dan sungguh-sungguh ingin melunasinya, penagih hutang mungkin akan terbuka sehingga silaturahmi tidak terputus.

Mudah-mudahan yang punya hutang, termasuk penulis, bisa segera melunasinya. Aamiin.

Arti kata menurut kamus

Beres dalam aksara latin ejaan bahasa Sunda adalah bérés /bé·rés/ artinya selesai dengan mulus dan rapih.

Ku /ku/ artinya oleh.

Carita /ca·ri·ta/ artinya cerita; perkataan; pembicaraan.

Punah /pu·nah/ artinya lunas.

Dibayar /di·ba·yar/ artinya dibayar (verba pasif).

Baca juga: Arti Caringcing Pageuh Kancing Saringset Pageuh Iket

Demikianlah, semoga penjelasan arti beres ku carita punah ku dibayar ini dapat bermanfaat bagi penulis dan semua pembaca.