Arti Beurat Birit dan Contoh Kalimatnya

  • Whatsapp
Arti beurat birit dan contoh kalimatnya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Beurat birit termasuk babasan atau ungkapan Sunda. Babasan atau ungkapan berbeda dengan paribasa atau paribasa.

Ungkara babasan biasanya hanya dua kata dan maknanya tentang sifat manusia. Sedangkan ungkara peribahasa lebih panjang (berupa kalimat) dan maknanya tentang pepatah atau filsafat kehidupan. Ungkara artinya susunan kata dalam klausa atau kalimat.

Babasan dan paribasa, keduanya termasuk ke dalam pakeman basa. Silakan baca: Arti dan contoh pakeman basa Sunda.

Kali ini saya akan berbagi pengertian babasan atau ungkapan Sunda “beurat birit”. Babasan ini terdiri atas dua kata, yaitu beurat dan birit.

Menurut kamus, arti kata beurat dalam bahasa Indonesia sama dengan ‘berat’. Sedangkan birit bahasa Indonesianya adalah ‘pantat’. Jika kata majemuk tadi diterjemahkan menurut kamus, artinya ‘berat pantat’.

Makna kiasan beurat birit

Makna konotasi atau kiasan dari ungkapan beurat birit adalah malas atau susah disuruh. Arti konotasi menurut bahasa Sunda nyaéta: kedul; ngedul; hésé dititah.

Orang malas atau susah disuruh diibaratkan seperti orang yang pantatnya berat. Bisa kita bayangkan, kalau orang pantatnya berat pasti dia susah untuk bangun dan susah bergerak, kerjanya cuma duduk-duduk saja.

Jadi, maksud babasan beurat birit yang sebenarnya adalah malas atau susah kalau disuruh. Lawannya adalah hampang birit. Silakan baca: Arti hampang birit dan contoh kalimatnya.

Contoh kalimat

Jadi budak mah ulah — ambéh pada mikanyaah jeung babari rejeki. Jadi anak jangan malas kalau disuruh agar banyak yang menyayangi dan mudah rejeki.

Teu hayang barangbéré ka jalma — mah. Tidak mau ngasih ke orang yang malas disuruh.

Jalma — mah bakal hésé rék aya kaboga da hirupna pangedulan. Orang malas akan susah kaya karena hidupnya jadi pemalas.

Kadé ulah — kawas si Kabayan! Awas jangan malas seperti si Kabayan.

Kudu ngarumasakeun manéh, urangmah jalma teu boga ulah —. Harus tahu diri, kita orang tidak punya jangan malas kalau disuruh.

Baca juga: 444 Babasan Sunda dan Artinya (Lengkap)

Demikianlah, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *