Arti Carang Takol dan Contoh Kalimatnya

Arti Carang Takol dan Contoh Kalimatnya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Ungkapan dalam bahasa Sunda disebut juga babasan. Makna kiasan yang terkandung dalam babasan umumnya berisi gambaran sifat manusia, baik sifat baik maupun sifat jelek. Ungkapan Sunda yang akan dibahas pada postingan ini adalah carang takol.

Pengertian, makna, definisi, atau arti carang takol dalam babasan Sunda adalah jarang bicara; bicara kalau ditanya saja. Tipe orang seperti ini tidak suka banyak bicara. Dia seperti bicara seperlunya.

Lamun ditanya nyarita, lamun teu ditanya mah repeh. Tah sifat jelema nu jiga kitu disebutna carang takol. Jalma nu boga sifat jarang nyarita mah lamun dina gempungan tara baceo sagala diomongkeun. Manehna sok ngomong saperluna, loba ngadengekeun tibatan cumarita.

Contoh kalimat:

Jang Sarkum mah budak teh carang takol, lamun dibawa ngawangkong oge kalah sok loba repeh. Artinya Jang Sarkum itu anaknya jarang bicara, jika diajak bercakap-cakap juga malah suka banyak diam.

Babasan tadi merupakan kecap kantetan, susunan katanya sudah tentu dan mempunyai makna kiasan yang berbeda dengan arti kata-kata penyusunnya.

Arti kata-kata penyusunnya menurut kamus

Carang artinya jarang atau renggang.

Takol artinya pukul atau totok.

Baca juga:

Arti Nongtot Jodo

Arti Kokolot Begog

Arti Heuras Beuheung

Demikianlah, semoga bermanfaat.