Arti Cul Dogdog Tinggal Igel

Arti Cul Dogdog Tinggal Igel dan Contohnya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya! Setiap orang memiliki hak dan kewajiban. Namun kadang kewajiban sering ditinggalkan dan lebih memilih melakukan sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan.

Misalnya saya adalah seorang guru, dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang seharusnya saya mengajar murid di sekolah kecuali pada jam istirahat. Tapi setiba di sekolah bukannya ngajar saya malah rebahan di kantor. Sementara murid hanya dikasih tugas mencatat.

Ada yang kaya gitu? Mudah-mudahan tidak ada ya. Perilaku saya pada contoh di atas sesuai dengan peribahasa Sunda cul dogdog tinggal igel.

Sesuai dengan judul artikel, pada postingan ini saya akan membahas tentang arti cul dogdog tinggal igel dan contohnya.

Apa arti cul dogdog tinggal igel?

Cul dogdog tinggal igel artinya ada dua macam, yaitu arti secara denotasi atau arti kata menurut kamus dan arti konotasi atau arti kiasan.

Menurut kamus, artinya adalah:

Cul = meninggalkan

Dogdog = sejenis alat musik tabuh

Tinggal = sisa/tinggal

Igel = tarian

Jadi arti denotasinya adalah meninggalkan tabuhan tinggal hanya tarian atau meninggalkan tabuhan meninggalkan tarian.

Arti konotasi atau makna kiasan dari peribahasa cul dogdog tinggal igel yaitu meninggalkan kewajiban. Alih-alih melaksanakan kewajiban malah  melakukan perbuatan lain seperti perbuatan saya pada contoh di atas tadi.

Penyebab seseorang meninggalkan kewajiban bisa keinginan sendiri karena tertarik melakukan hal lain atau karena ada ajakan/dorongan orang lain. Yang jelas ketika seseorang meninggalkan kewajiban dan justru malah melakukan pekerjaan/ aktifitas yang lain, maka disebutnya cul dogdog tinggal igel.

Contoh kalimat

  • “Cul dogdog tinggal igel manehmah, imah batur ditungguan ari imah sorangan diantep”. Artinya “meninggalkan kewajiban kamu mah, rumah orang ditungguin sedangkan rumah sendiri dibiarin”. Ini sindiran buat orang yang suka keluyuran malam atau nongkrong malam di tempat orang.
  • Cul dogdog tinggal igel, kalah ulin ari budak diantep. Artinya “lupa kewajiban, malah main sedangkan anak dibiarin”.

Baca juga: Arti malapah gedang dan contoh kalimatnya

Demikianlah, semoga penjelasan singkat ini bermanfaat dan semoga kita tidak termasuk orang yang lepas tanggung jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *