Arti dan asal usul nama odading

Arti dan Asal Usul Nama Odading Mang Oleh

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Kue goreng khas Bandung bernama odading belakangan ini mendadak viral di media sosial dan laris manis di dunia nyata.

Mungkin kamu penasaran, apa arti odading dan bagaimana asal usul nama odading?

Arti dan asal usul nama odading

Kata odading bukan asli dari bahasa Sunda, kata ini bukan singkatan dan tidak memiliki arti. Odading adalah nama kuliner khas Bandung, yaitu roti goreng berbentuk kotak menggelembung seperti bantal.

Odading terbuat dari adonan terigu dicampur gula. Ditambahkan juga baking soda sehingga teksturnya empuk, berserat, dan bagian dalamnya lembab. Kudapan ini rasanya sedikit manis. Cocok untuk teman minum teh manis hangat atau camilan.

Kue odading sudah ada sejak jaman Belanda, awalnya tidak diberi nama. Dikutip dari Kompas.com, nama odading asalnya dari kata “o dat ding?“.

Begini ceritanya…

Anak orang Belanda kala itu merengek kepada ibunya minta dibelikan kue tanpa nama yang kelak disebut odading. Ibu anak tersebut kemudian memanggil tukang kue keliling lalu menyuruh membukakan tutup kue yang disimpan di nyiru.

Nyiru adalah sejenis nampan berbentuk bulat pipih terbuat dari anyaman bambu. Pinggirnya diwengku memakai bilah bambu atau rotan sehingga anyamannya tidak terurai.

Baca juga: Nama Perabotan Rumah Tangga Bahasa Sunda

Lanjut ke cerita, setelah melihat kue tersebut ibu anak tadi berkata dalam bahasa Belanda, “O dat ding?” artinya “oh benda itu?”.

Sejak itu, penjual kue keliling tadi menceritakan ke orang-orang kampungnya. Kata odading terdengar unik, lucu, dan cocok dengan lidah orang Sunda. Akhirnya, kue tak bernama tadi nelah odading hingga sekarang.

Selain di Bandung, di Jawa Tengah dan Jawa Timur ada jajanan yang percis dengan odading, namanya bolang baling. Bedanya, bolang baling ditaburi wijen sehingga teksturnya lebih garing dan renyah.

Awal Mula Odading Mang Oleh Viral

Odading Mang Oleh adalah odading yang dijual oleh Mang Oleh di Baranangsiang Bandung. Mendadak viral ‘berkat’ video promosi unik yang dibuat Ade Londok. Dalam video itu Ade Londok mengatakan:

“Odading Mang Oleh. Lamun dahar dading Mang Oleh, deukeut Baranangsiang gigirieun belah kulon belah kaler saeutik. Odading Mang Oleh rasanya seperti Anda menjadi iron man. Belilah dading mang oleh didieu karena lamun teu ngadahar dading Mang Oleh maneh teu gaul jeung aing, lain balad aing, dst…”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *