Arti dan Bentuk Suhunan Badak Heuay

Arti dan Bentuk Suhunan Badak Heuay

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Badak heuay adalah nama jenis suhunan atau atap rumah adat Jawa Barat. Bentuk suhunan badak heuay adalah seperti badak menguap atau membuka mulut (dalam bahasa Sunda: calawak).

Bentuk badak heuay ini atapnya ke belakang dan ke depan. Ujung atas atap bagian belakang menonjol ke atas, di sambung ke depan membentuk seperti sorodoy. Jadi sambungan bagian atas antara atap depan dan belakang tidak adu manis, melainkan ujung atas atap belakang lebih tinggi dibandingkan ujung atas atap bagian depan.

Suhunan badak heuay agak mirip dengan suhunan tagog anjing. Bedanya, atap tagog anjing ujung atas atap depan dan belakang nyambung.

Kata badak heuay diambil dari nama binatang, yaitu badak. Arti heuay dalam kamus bahasa Sunda terjemahan bahasa Indonesia adalah menguap. Mulut yang sedang menguap biasanya terbuka atau menganga, dalam bahasa Sunda mulut menganga (terbuka) disebut calawak.

Selain badak heuay, masih ada berbagai bentuk atap rumah adat Sunda seperti parahu kumereb, julang ngapak, tagog anjing, capit gunting, dan suhunan jolopong atau suhunan panjang.

Baca juga: Nama dan Bentuk Suhunan Rumah Adat Sunda

Demikianlah, semoga bermanfaat.