Arti Diduduh dan Contoh Kalimatnya

  • Whatsapp
Arti Diduduh

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya! Menurut saya bahasa Sunda memang unik, saking uniknya banyak kosakata dalam bahasa Sunda yang sulit untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Contohnya kata diduduh, borokokok, tiseureuleu, dan sebagainya.

Baca juga: Arti kata borokokok siah dan contoh kalimatnya

Pada postingan ini saya tertarik untuk membahas arti diduduh yang sering diucapkan oleh orang Sunda. Sebelum menjelaskan apa artinya diduduh, silakan perhatikan contoh kalimat berikut ini.

  1. Diduduh sabar, da mun keuna ka urangmah teuing kumaha.
  2. Diduduh teu lieur pagawean hayoh ngitung.
  3. Diduduh betah cacakan jauh ka cai mah.
  4. Diduduh kuat, urangmah karek raheut meueusan oge nyerina nataku.
  5. Diduduh teu bosen, unggal usik nyoo hp.

Apa arti diduduh?

Memang sulit mencari terjemahan bahasa Indonesia yang tepat untuk kata diduduh. Saya sendiri paham maksudnya tapi agak sulit menjelaskannya. Tetapi dari contoh-contoh kalimat di atas, bisa ditemukan arti diduduh yang paling mendekati.

Kata diduduh biasanya dipakai untuk orang lain yang mengalami sesuatu namun sikapnya bertolak belakang dari kelaziman. Terjemah diduduh menurut bahasa Sunda, yang mendekati adalah mungkin ‘mujikeun ka maneh mah’, dalam bahasa Indonesianya ‘salut sama kamu/dia’ atau ‘bisa-bisanya’.

Pada contoh kalimat nomor 1: “diduduh sabar, da mun keuna ka urangmah teuing kumaha” bisa diterjemahkan “bisa-bisanya kamu sabar padahal jika terjadi padaku tak tahu gimana”.

Pada contoh kalimat nomor 3: ‘diduduh betah cacakan jauh ka cai mah’, bisa diartikan “salut sama kamu (bisa) betah (tinggal di sini) meskipun jauh ke air”. Umumnya orang merasa tidak betah kalau jauh dari sumber air tapi dia betah aja.

Baca juga: Arti Uyuhan dan Contoh Kalimatnya

Demikian, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *