Arti hade gogog hade tagog dan contoh kalimatnya

Arti Hade Gogog Hade Tagog dan Contoh Kalimatnya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Kata pepatah Sunda orang tua jaman dulu, hirup teh kudu hade gogog hade tagog. Pepatah ini merupakan peribahasa, atau dalam basa Sunda disebut paribasa.

Paribasa tergolong ke dalam pakeman basa atau idiom, yaitu ungkara yang kata-kata dan artinya sudah paten (matok) dan tidak bisa diubah lagi. Ada lagi pakeman basa yang mirip peribahasa, yakni babasan.

Perbedaan peribahasa dan babasan yaitu ungkara peribahasa lebih panjang dan berupa kalimat. Peribasa mengandung arti yang dalam, biasanya tentang pepatah dan falsafah hidup orang Sunda. Sedangkan ungkara babasan lebih pendek, biasanya hanya terdiri dari dua kata. Arti babasan biasanya menggambarkan sifat manusia.

Baca juga:

555 Paribasa Sunda dan Artinya

444 Babasan Sunda dan Artinya

Nah sekarang kita akan coba bahas apa artinya hade gogog hade tagog. Nanti di bawah akan dilengkapi juga dengan contoh kalimatnya.

Arti hade gogog hade tagog

Hade gogog hade tagog artinya adalah sopan dalam berbicara dan bagus dalam penampilan. Nasihat yang terkandung dalam paribasa Sunda ini antara lain:

  • Menjaga lisan

Dina basa Sunda ada yang disebut undak usuk basa, yaitu tatakrama dalam berucap. Di dalam undak usuk basa ada kata loma, kata halus untuk diri sendiri, dan kata halus untuk orang lain.

Selain harus tepat memilih kata dalam berucap, juga tidak boleh handap lanyap (sopan tapi menyakitkan).

  • Menjaga penampilan

Tatakrama berucap tidak hanya dilihat dari pilihan kata. Tapi juga dari mimik dan gestur. Menurut basa Sundanya harus bisa tumpa-tumpa, atau menempatkan diri. Bagaimana bicara dengan sepantaran, sahandapeun, dan saluhureun.

Selain itu, penampilan pun harus dijaga. Ada pepatah mengatakan, dari mata turun ke hati. Kesan pertama yang orang lihat dari kita adalah penampilan.

Penampilan itu seperti cara berpakaian bersih dan rapih dan attitude (sikap). Di balik itu, sertai dengan kejujuran dan kebersihan hati.

Jangan punya anggapan “hirup aing kumaha aing”, itu keliru. Manusia sebagai makhluk sosial, suka tidak suka akan saling membutuhkan.

Arti kata penyusun paribasa hadé gogog hadé tagog adalah:

Hadé = bagus

Gogog = ucapan

Tagog = penampilan

Contoh kalimat

Tuh turutan Kang Kabayan, anjeunna mah hade gogog hade tagog. Berseka, rarapih, jeung kanu kumaha-kanu kumaha teu weleh sopan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *