Arti heuras genggerong dan contoh kalimatnya

Arti Heuras Genggerong dan Contoh Kalimatnya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Ulah sok heuras genggerong ari ngomong teh heg sing aya kasopanan. Kalimat barusan merupakan nasihat yang di dalamnya ada babasan atau ungkapan, yaitu heras genggerong.

Babasan adalah pakeman basa yang lebih pendek, umumnya terdiri atas dua kata; seperti heuras dan genggerong. Arti babasan biasanya menggambarkan tentang sifat manusia; bisa sifat baik atau sebaliknya.

Babasan heuras genggerong menggambarkan sifat manusia yang tidak baik. Artinya adalah berbicara kasar dan keras serta ingin menang sendiri. Mun ceuk Sundana mah nyaritana teugeug, kasar bari tarik, peupeuleukeun hayang meunang sorangan.

Babasan ini disusun oleh dua kata, yaitu heuras dan genggerong. Heuras artinya keras lawan katanya leuleus. Genggerong artinya tenggorokan.

Ada babasan yang bunyinya mirip yaitu heuras beuheung. Heuras beuheung artinya susah dibilangin dan bahkan sambil melawan. Bedegong, merekedeweng, mawa karep sorangan jeung hayang meunang sorangan. Tapi orang heuras beuheung bicaranya belum tentu kasar atawa teugeug.

Beuheung artinya leher. Dan tenggorokan itu adanya di leher. Kedua babasan tadi mengandung arti konotasi yang buruk. Makanya dalam pepatah di awal tadi ada kata ulah. Itu merupakan kata larangan (panyarek).

Baca juga: Contoh kalimat larangan (panyarek) bahasa Sunda dan artinya

Kata pepatah orang tua, kalau berbicara itu harus sopan. Terlebih jika berbicara kepada orangtua atau orang yang dianggap saluhureun. Kata paribasanya harus hade gogog hade tagog.

Contoh kalimat

  • Ulah heuras genggerong nyarita teh era ku batur.
  • Heuras genggerong si Kabayan mah, mun keuna kanu teu apaleun adat mah matak pipaseaeun.

Demikian, semoga penjelasan ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *