Arti Heurin ku Letah dan Contoh Kalimatnya

Arti Heurin ku Letah dan Contoh Kalimatnya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Heurin ku letah merupakan peribahasa Sunda yang mengandung arti kiasan. Simak penjelasan makna kiasan dan makna denotasinya di bawah ini.

Arti kiasan

Paribasa heurin ku letah artinya tidak bisa mengatakan sesuatu/ berkata lugas karena merasa canggung, segan, atau dekat dengan orang yang bersangkutan. Intinya tidak bisa leluasa bicara karena takut menyinggung orang yang ada kaitannya dengan hal yang dibicarakan.

Pengertian menurut basa Sunda nyaeta teu bisa lepas nyarita sabab ngarasa kararagok ku jelema nu aya sangkut pautna jeung hal nu dicaritakeun. Kararagok teh bisa kusabab serab, kagok deukeut, atawa kusabab wawuh. Contona kusabab dulur, guru, babaturan, atawa dunungan.

Misalnya, Ujang tidak setuju dengan kebijakan kepala desa. Tetapi dia tidak dapat menyampaikan kritik karena kepala desa tersebut gurunya sendiri. Ia takut menyinggung gurunya.

Contoh kalimat

Rek ngeritik pelayanan pamarentah desa teh heurin ku letah sabab perangkatna babaturan wungkul. Artinya mau mengkritik pelayanan pemerintah desa itu merasa segan sebab perangkatnya teman semua.

Arti denotasi 

Arti kata-kata menurut kamus basa Sunda adalah sebagai berikut:

Heurin /heu·rin/ artinya sempit. Bagian dari adjektiva dalam bentuk kecap salancar atau kata yang dibentuk oleh satu morfem bebas.

Ku /ku/ artinya oleh. Bagian dari kecap pangantet yang berfungsi untuk menunjukkan alat.

Letah /le·tah/ artinya lidah. Penulisan yang benar dalam aksara latin ejaan Sunda yaitu létah. Nama anggota tubuh (bagian mulut), secara morfologi termasuk kelas nomina atau kata benda.

Secara harfiah, heurin ku létah artinya (mulut) sempit dengan lidah. Karena sempit dengan lidah maka (makna kiasannya) berat mengatakan sesuatu karena perkataannya takut menyinggung.

Baca juga: Arti Buruk-buruk Papan Jati

Demikianlah, semoga bermanfaat.