Arti Ipis Biwir dan Contoh Kalimatnya

Arti Ipis biwir dan contoh kalimatnya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Arti ungkapan ipis biwir adalah cengeng atau mudah menangis. Hartina babasan ipis biwir dina basa Sunda nyaeta épésan, teu payaan, atau babari ceurik.

Ipis biwir merupakan babasan. Dalam bahasa Indonesia disebut ungkapan. Babasan termasuk pakeman basa, yaitu susunan kata majemuk yang sudah paten, tidak bisa dubah lagi dan memiliki arti sendiri sebagai makna kiasan.

Yang termasuk pakeman basa bukan cuma babasan, tetapi ada juga paribasa, pamali, cacandran, uga, dan kila-kila. Silakan baca: Arti dan Contoh Pakeman Basa Sunda.

Contoh kalimat:

Nyi Esih mah ipis biwir kawas Ceu Ikoh.

(Nyi Esih mudah menangis seperti Ceu Ikoh)

Arti kata menurut kamus

Secara sintaksis, ipis biwir merupakan frasa yang dibangun oleh dua kata, yaitu ipis dan biwir.

Arti ipis biwir menurut kamus bahasa Sunda adalah tipis bibir. Arti kamus berbeda dengan maksud atau makna kiasan dalam babasan atau ungkapan.

Ipis dalam kamus bahasa Sunda artinya tipis; tidak tebal. Kata ipis termasuk kelas kata sifat, merupakan morfem dasar bebas yang bisa berdiri sendiri tanpa morfem imbuhan. Kata ini tidak berada pada tingkatan halus, loma atau kasar sehingga bisa digunakan untuk semua tingkatan basa Sunda.

Biwir dalam kamus bahasa Sunda artinya bibir, termasuk kelas kata benda dan merupakan morfem dasar. Kata biwir tegolong basa Sunda loma, bahasa halusnya adalah lambey.

Demikian, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *