Arti Kaciwit Kulit Kabawa Daging

Arti Kaciwit Kulit Kabawa Daging dan Contoh Kalimatnya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Kaciwit kulit kabawa daging merupakan paribasa Sunda atau dalam bahasa Indonesia disebut peribahasa. Paribasa sendiri merupakan bagian dari pakeman basa yang berarti rangkaian kata yang susunannya sudah tetap dan mempunyai arti kiasan.

Makna kiasan yang terkandung dalam paribasa biasanya berisi pepatah, falsafah, atau perumpamaan. Paribasa kaciwit kulit kabawa daging termasuk salah satu paribasa yang mengandung perumpamaan.

Arti kiasan

Hartina paribasa kaciwit kulit kabawa daging nya éta kababawa kana pasualan batur boh kusabab kungsi ulubiung atawa babarengan jeung nu boga pasualan éta boh henteu. Artinya terbawa atau ikut terseret pada masalah orang lain baik karena pernah ikut serta atau bergaul dengan orang yang punya masalah tersebut maupun tidak.

Agar kamu tidak ikut terseret pada suatu masalah, maka jangan pernah terlibat dalam urusan yang tidak baik. Selain itu, harus memilih teman bergaul karena lingkungan dapat memengaruhi pola sikap dan perilaku seseorang.

Meskipun tidak ikut melakukan kesalahan, tetapi jika kamu ada di situ atau kamu dekat dengan orang yang berbuat salah, bisa saja kamu dianggap ikut bersalah. Akhirnya kamu ikut susah oleh perbuatan orang lain.

Misalnya, teman kamu bertengkar dan kamu ada di situ atau sebelum pertengkaran terjadi kamu sempat ngobrol dengan dia. Ketika urusan tersebut diselesaikan, baik secara kekeluargaan maupun di muka hukum, kamu dipanggil sebagai saksi atau dianggap sekongkol dengan temanmu itu.

Contoh lain, motormu dipinjam teman. Tanpa sepengetahuanmu, dia melakukan tindak kejahatan. Nah kamu bisa ikut bermasalah karena temanmu melakukan kejahatan menggunakan motormu.

Jadi, arti kaciwit kulit kabawa daging itu ikut terlibat atau ikut susah karena kesalahan orang lain, baik ikut serta maupun tidak, atau sengaja maupun tidak.

Contoh kalimat

Kadé ulah ulubiung jeung nu balangor bisi kaciwit kulit kabawa daging.

Artinya: Hati-hati jangan ikut campur dengan orang-orang nakal takutnya nanti ikut terseret masalah.

Arti kata menurut kamus

Kaciwit = tercubit
Kulit = kulit
Kabawa = terbawa
Daging = daging

Terjemahan menurut arti denotasinya yaitu tercubit kulit terbawa daging.

Baca juga: Arti Depe-depe Handap Asor

Demikianlah, semoga bermanfaat.