Arti Kata Akeul dan Ngakeul dalam Kamus Bahasa Sunda

Arti Kata Akeul dan Ngakeul dalam Kamus Bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Akeul dan ngakeul merupakan kata kerja dalam bahasa Sunda yang artinya sama tapi beda struktur. Perbedaan struktur kata ini dapat membedakan fungsi dan penempatan kata dalam ucapan atau kalimat.

Pengertian, makna, definisi atau arti kata akeul dan ngakeul dalam kamus bahasa Sunda terjemahan Indonesia adalah sebagai berikut.

Arti Akeul

Akeul /a·keul/ artinya bolak balikkan nasi yang baru diangkat dari kukusan (biasanya) sambil dikipas-kipasi (menggunakan hihid/ kipas bambu) agar nasi menjadi pulen.

Kata akeul terdiri atas dua suku kata, merupakan morfem dasar madya kauger atau morfem dasar yang semi terikat. Jika tanpa imbuhan, kata ini hanya bisa digunakan dalam bentuk perintah.

Contoh kalimat:

Méméh di dahar, akeul heula sangu téh ambéh pulen. (Sebelum di makan, bolak balikkan dulu nasi itu sambil dikipasi supaya pulen.

Arti Ngakeul

Ngakeul /nga·keul/ artinya membolak balikkan nasi yang baru diangkat dari kukusan (biasanya) sambil dikipas-kipasi (menggunakan hihid/ kipas bambu) agar nasi menjadi pulen.

Kata ngakeul terdiri atas dua suku kata, merupakan kecap rundayan atau kata turunan dari kata akeul. Kata kerja dasar yang ditambah rarangken N- menunjukkan verba aktif.

Contoh kalimat:

Ceu Edoh keur ngakul sangu bari ngahariring (Ceu Edoh sedang membolak balikkan nasi sambil dikipasi sambil bersenandung).

Kata akeul dan ngakeul dalam kalimat atau ucapan biasanya tidak memerlukan objek karena sudah dipahami bahwa objeknya adalah nasi.

Baca juga:

Arti Kata Ngehkey

Arti Kata Akey-akeyan

Arti Kata Naon

Demikianlah, semoga bermanfaat.