Arti Kata Lalening dalam Kamus Bahasa Sunda

Arti Kata Lalening Dalam Kamus Bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Penjelasan arti kata lalening lengkap dengan sinonim, antonim, dan contoh kalimatnya dalam bahasa Sunda dengan terjemahan bahasa Indonesia.

Arti kata

Arti lalening /la-le-ning/ dalam kamus bahasa Sunda terjemahan bahasa Indonesia adalah bersih dari sampah, kotoran atau debu karena sering disapu.

Kata lalening merupakan kecap rundayan, asalnya dari kata lening (bersih) ditambah rarangkén tengah (sisipan) -al-. Sisipan -al- mengandung makna jamak. Dapat digunakan dalam ragam bahasa Sunda lemes maupun loma.

Kata yang ejaan dan artinya hampir mirip yaitu lalénang. Arti lalénang adalah bersih dari rumput, ini juga sama merupakan kecap rundayan dari kata lénang ditambah sisipan -al-.

Contoh kalimat:

Buruan bumi Susi mah lega sareng lalening. (Halaman rumah susi luas dan bersih).

Ngareunah nincakna ogé jalan teh ari lalénang mah (Kalau bersih jalan itu diinjaknya juga nyaman).

Sinonim

Sinonim atau persamaan kata lalening adalah bararesih; lalénang. Kata bararesih merupakan kecap rundayan (kata turunan) dari beresih (bersih) ditambah sisipan -ar-. Sisipan -ar- juga menunjukkan makna jamak.

Kata bararesih termasuk kata sifat, bentuk kata kerjanya yaitu beberesih (bersih-bersih).

Contoh kalimat:

Di imah téh kudu getol beberesih ambeh bararesih. (Di rumah itu harus rajin bersih-bersih agar bersih).

Antonim

Antoim atau lawan kata lalening adalah barala. Kata barala termasuk kata turunan dari kata bala ditambah sisipan -al-. Arti barala adalah sampah atau kotoran berserakan di mana-mana.

Contoh kalimat:

Di buruan teh barala jiga euweuh nu nyicingan (Di halaman rumah itu banyak sampah berserakan seperti tidak ada penghuninya).

Kesimpulan

KataLalening
Bahasa asalBahasa Sunda
Diterjemahkan keBahasa Indonesia
ArtinyaBersih (jamak)
SinonimBararesih
AntonimBarala; lalénang

Baca juga:

Arti Kata Hareudang
Arti Kata Leumpang
Arti Kata Hareup

Demikianlah, semoga bermanfaat.