Arti kumaha damang dan jawabannya

Arti Kumaha Damang dan Jawabannya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya! Haturan, kumaha damang? adalah pertanyaan bahasa Sunda yang sering kita dengar di awal percakapan. Kumaha damang tergolong bahasa Sunda lemes, sedangkan persamaan dalam bahasa lomanya adalah kumaha cageur?

Arti kumaha damang

Ini bukan sebuah ungkapan atau babasan tetapi merupakan frasa. Pengertiannya sesuai dengan terjemahan menurut kamus basa Sunda. Ungkapan atau babasan adalah pakeman basa yang memiliki arti injeuman seperti yang sudah ditulis di 444 babasan Sunda dan artinya.

Kumaha merupakan kata tanya, artinya bagaimana. Kalau dalam bahasa Inggris artinya how. Kata kumaha tidak memiliki tingkatan kasar, loma, dan halus. Kumaha digunakan untuk menanyakan cara atau keadaan.

Damang termasuk kata sifat (adjective), artinya sehat. Menurut undak usuk basa Sunda, damang tergolong ke dalam bahasa lemes atau halus untuk orang lain (keur batur). Sunda lemes “sehat” untuk diri sendiri (keur sorangan) yaitu pangesto atau pangestu. Sedangkan bahasa lomanya adalah cageur.

Di dalam bahasa Indonesia tidak lazim menanyakan bagaimana sehat. Lazimnya adalah mengatakan apa kabar? Jadi, kumaha damang artinya sama dengan apa kabar di dalam bahasa Indonesia.

Bentuk jamaknya adalah “kumaha daramang?”, diucapkan untuk menyapa banyak orang sekaligus.

Jawaban kumaha damang

Apakah boleh memakai kumaha pangestu? atau kumaha pangesto?

Tidak tepat mengatakan kumaha pangesto? atau kumaha pangestu? karena kata-kata itu seharusnya dipakai untuk diri sendiri.

Pangesto atau pangestu seharusnya dipakai untuk menjawab pertanyaan kumaha damang.

Contohnya:

Kabayan: “Kumaha damang?”

Ujang: “Pangesto. Samulihna, kumaha engkang damang?

Selain pangesto dan pangestu, ada juga basa Sunda yang bisa dipakai untuk menjawab pertanyaan kumaha damang. Kata tersebut adalah aya hibar, artinya berkah.

Bagi muslim, baik juga jika ditambah Alhamdulillah sebagai tanda syukur kepada Allah yang telah melimpahkan nikmat-Nya.

Kadang ada juga yang menjawab dengan kata sae, misalnya “Alhamdulillah, sae.” Artinya Alhamdulillah, baik. Ini juga boleh.

Pertanyaan kumaha damang tidak sekadar basa-basi, tetapi sebagai tanda empati, rasa hormat, sekaligus sebagai do’a. Makanya ini penting sebagai kata sapaan bahasa Sunda  yang sopan.

Kumaha cageur dan jawabannya

Kumaha cageur? diucapkan untuk menyapa teman yang sudah akrab. Bentuk jamaknya yaitu kumaha calager?. Jawabannya bisa Alhamdulillah cager, cageur, atau pangesto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *