Arti Moro Julang Ngaleupaskeun Peusing

Arti Moro Julang Ngaleupaskeun Peusing

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Kolot Sunda selalu memberi nasihat kepada anak cucunya. Salah satu pepatah Sunda kolot baheula yaitu ulah moro julang ngaleupaskeun peusing. Nasihat ini merupakan peribahasa panyaram lampah salah (larangan berbuat salah) yang mengandung siloka sehingga perlu dicari maknanya. Kandungan makna peribahasa tersebut berbeda dengan arti kata-kata penyusunnya menurut kamus.

Pengertian, makna, atau arti kiasan dari paribasa moro julang ngaleupaskeun peusing adalah meninggalkan sesuatu yang sudah pasti demi mengejar sesuatu yang belum pasti. Bisa juga diartikan melepaskan sesuatu yang sudah dimiliki demi mengejar hal yang belum tentu dapat dimiliki.

Pengertian moro julang ngaleupaskeun peusing menurut bahasa Sunda nya éta ngudag-ngudag perkara nu can pararuguh bari ninggalkeun atawa ngalésotkeun perkara nu geus puguh kapimilik. Atawa bisa ogé dihartikeun, nu geus puguh aya diantep ari nu can puguh diudag-udag.

‘Sesuatu’ atau ‘perkara’ yang dimaksud pada pengertian paribasa tadi bisa berupa benda, pekerjaan, pasangan, dan sebagainya.

Menyia-nyiakan sesuatu yang sudah ada dan mengejar-ngejar hal yang belum pasti menunjukkan perilaku tidak baik. Sama saja dengan tidak mensyukuri nikmat yang ada. Sakuduna, nu aya téh dipiara jeung dimumulé.

Arti kata-kata penyusunnya

Moro /mo·ro/ artinya memburu, termasuk kata kerja aktif bentuknya kecap rundayan. Asalnya dari kata boro (buru) ditambah rarangken hareup N-. Rarangken nasal N- menghadapi huruf B berubah bunyi jadi M- (n- + boro = moro).

Julang /ju·lang/ adalah nama lain dari burung enggang atau rangkong. Sejenis burung langka yang memiliki paruh seperti tanduk sapi. Burung julang berukuran cukup besar, suka membuat sarang di pohon-pohon yang tinggi dan besar.

Ngaleupaskeun /nga·leu·pas·keun/ artinya melepaskan, termasuk kata kerja aktif bentuk kecap rundayan. Asalnya dari kata leupas ditambah imbuhan gabungan, yaitu awalan N- (ng-) dan akhiran -keun.

Peusing /peu·sing/ adalah nama Sunda dari trenggiling. Binatang pemakan semut dan rayap ini bersisik tebal yang dapat melindunginya dari ancaman binatang lain. Ketika terancam, peusing suka morongkol.

Berdasarkan arti kata-kata menurut kamus, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu ‘memburu burung enggang yang jauh di pohon besar dan melepaskan trenggiling yang dekat di bawah’. Dari terjemahan ini dapat dibayangkan, betapa sia-sianya perbuatan tersebut.

Makna kiasan moro julang ngaleupaskeun peusing yaitu melepaskan sesuatu yang sudah ada dan dimiliki, demi mengejar sesuatu yang jauh dan belum jelas.

Baca juga: Arti Paribasa Cul Dogdog Tinggal Igel

Demikianlah, semoga bermanfaat.