Arti Ngambah Sagara Rumah Tangga

Arti Ngambah Sagara Rumah Tangga

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya! Di dalam ucapan selamat menikah dengan Bahasa Sunda ada kata-kata ngambah sagara rumah tangga. Contohnya: Wilujeng ngambah rumah tangga. Mugia SAMAWA sareng sawalasna aya dina kabagjaan lahir sinareng batin.

Baraya pembaca Sundapedia.com yang butuh referensi ucapan pernikahan, silakan lihat tulisan saya sebelumya yang berjudul Kata-kata Ucapan Selamat Menikah Bahasa Sunda dan Artinya.

Pada artikel ini saya akan membahas secara singkat arti ngambah sagara rumah tangga.

Ngambah artinya menempuh, menjalani, atau mengarungi. Persamaan kata ngambah dalam bahasa Sunda adalah nyorang. Namun bedanya, ngambah artinya lebih kepada menjelajah/ mengarungi sedangkah nyorang lebih kepada melintasi/ melewati.

Jadi arti ngambah dalam ucapan ngambah sagara rumah tangga adalah mengarungi.

Sagara artinya lautan yang sangat luas atau samudera. Kata Sagara di Indonesia sering dipakai menjadi nama anak laki-laki.

Rumah Tangga identik dengan pernikahan atau berkeluarga. Jadi orang yang sudah berumah tangga artinya sudah menikah. Tapi jika dipisahkan rumah dan tangga artinya jadi beda.

Dari penjelasan arti kata-kata tersebut di atas, ngambah sagara rumah tangga dalam bahasa Indonesia artinya mengarungi samudera kehidupan berumah tangga. Atau yang lebih akrab di telinga kita adalah mengarungi bahtera rumah tangga.

Kenapa kehidupan berumah tangga disebut sagara (samudera)?

Karena dalam menjalani rumah tangga itu tidak selalu bahagia. Selain banyak pahala dan kebahagiaan, banyak pula ujian, cobaan, tantangan, dan godaannya. Ada yang selamat mengarunginya, ada pula yang kandas (bercerai).

Makanya selain memberikan ucapan pernikahan, kita juga perlu mendo’akan saudara, sahabat atau teman yang menikah dengan do’a-do’a yang baik.

Sebaliknya, calon pengantin juga harus mempersiapkan diri dengan ilmu dan mental agar siap menghadapi segala kesulitan berumah tangga. Siapapun yang menikah akan diuji dengan kesenangan/kebahagiaan dan kesusahan/kesulitan.

Demikianlah, semoga penjelasan singkat ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *