Arti ngarawu ku siku dan contoh kalimatnya

Arti Ngarawu ku Siku dan Contoh Kalimatnya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Kali ini saya akan membahas secara singkat arti babasan atau ungkapan Sunda ngarawu ku siku dan contoh kalimatnya.

Babasan merupakan kecap kantetan (kata majemuk) yang susunan katanya sudah matok (tentu/paten) dan tidak bisa diubah lagi. Maksud yang terkandung di dalam babasan berbeda dari arti kamus kata penyusunnya. Jika susunannya berubah, maknanya pun akan berubah.

Baca juga: 444 Babasan Sunda dan Artinya

Babasan termasuk pakeman basa Sunda, biasanya menggambarkan sifat manusia. Begitu pun dengan babasan ngarawu ku siku, berisi tentang gambaran sifat manusia.

Baca juga: Arti dan Contoh Pakeman Basa Sunda

Sebelum menjelaskan arti ngarawu ku siku, simak dulu arti kata-kata penyusunnya menurut kamus.

Arti kata menurut kamus

Ngarawu termasuk kecap rundayan yang diberi rarangken nasal (nga-). Kecap rundayan adalah kata turunan, rarangken nasal adalah imbuhan suara hidung.

Baca juga: Arti dan Contoh Kecap Rundayan Lengkap

Ngarawu asalnya dari kata rawu. Artinya mengambil barang-barang kecil (beras, dll) sekaligus menggunakan kedua belah tangan.

Penambahan rarangken nga- di depan kata rawu menunjukkan kata kerja aktif. Dalam bahasa Indonesia sama dengan imbuhan me- (contoh ambil jadi mengambil).

Ku artinya dengan (alat); oleh (orang). Kata ku termasuk kecap panyambung untuk menerangkan alat atau subjek yang melakukan sesuatu. Contohnya ku bedog : dengan golok, ku abdi : oleh saya.

Baca juga: Kecap Panyambung, Konjungsi atau Kata Penghubung Basa Sunda

Siku artinya sikut (bagian lengan). Kategori katanya adalah kata benda.

Baca juga: Nama-nama Anggota Tubuh dalam Bahasa Sunda

Itu tadi arti-arti kata penyusun ungkapan ngarawu ku siku menurut kamus.

Makna Kiasan

Maksud atau arti babasan ngarawu ku siku adalah mengambil atau membawa sesuatu melebihi kemampuan. Niatnya mungkin ingin cepat beres, tapi hasilnya justru malah memperlambat dan merepotkan diri sendiri.

Coba kamu bayangkan, bisa tidak mengambil barang-barang kecil sekaligus menggunakan sikut?

Tentunya sulit sekali.

Dilihat dari segi rima vokalnya, babasan ini termasuk kecap kantetan anu murwakanti. Jenis purwakantinya purwakanti maduswara, yaitu kata yang murwakanti suara vokalnya.

Baca juga: Arti, Jenis, dan Contoh Purwakanti

Contoh kalimat

Lamun ngalakukeun pagawean teh kudu anu kadada kaiga, ulah hayang ngarawu ku siku. Kajeun saeutik tapi ngeureuyeuh.

Artinya, melakukan pekerjaan itu harus yang sesuai dengan kemampuan, jangan melebihi batas kapasitas. Lebih baik sedikit tapi terus menerus.

Demikianlah, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *