Arti Nongtot Jodo dalam Kapamalian

Arti Nongtot Jodo dalam Kapamalian Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Dalam kapamalian kolot Sunda baheula, ada larangan ulah sok cicing dina lawang bisi nongtot jodo. Nah, pada postingan kali ini saya akan membahas pengertian atau arti ungkapan nongtot jodo.

Pengertian, makna kiasan, atau arti nongtot jodo adalah hésé meunang jodo (susah mendapatkan jodoh) atau susah mendapatkan sesuatu yang tepat/ cocok.

Dalam tradisi Sunda, berdiam di depan pintu itu perbuatan yang dilarang oleh orang tua. Katanya akan berakibat sulit mendapatkan pasangan hidup atau sulit mendapatkan rejeki.

Kapamalian ini dapat diterima dengan akal sehat, sebab orang yang berdiam di depan pintu akan menghalangi orang yang mau lewat. Yang akan bertamu pun tidak akan bisa masuk ke dalam rumah apabila pintunya dihalangi. Secara tidak langsung, duduk di depan pintu dapat menghalangi datangnya rejeki, mungkin termasuk menghalangi jodoh.

Baca juga: Arti Pamali dan Contohnya

Orang tua juga sering mengatakan, “jodo pati bagja cilaka éta rusiah Pangeran”. Artinya jodoh, mati, bahagia, celaka itu rahasia Tuhan. Di antara kita memang tidak ada yang tahu siapa jodoh kita, kapan waktu ajal tiba, kebahagiaan dan celaka/ musibah semuanya rahasia Allah SWT.

Meski begitu, kita wajib melakukan ikhtiar. Dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’d ayat 11, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri.”

Salah satu ikhtiar supaya tidak nongtot jodo, ya bisa hindari larangan orang tua jangan duduk di depan pintu. Tentunya untuk mendapatkan jodoh tidak hanya jangan duduk di depan pintu, banyak usaha-usaha yang dapat kamu lakukan. Misalnya kudu hadé gogog hadé tagog, amis budi, alus laur hadé omé, dan sebagainya.

Arti kata penyusun ungkapan nongtot jodo

Nongtot /nong·tot/ artinya menyembul, asalnya dari kata tongtot yang berarti sembul. Contohnya nongtot lého = terus-terusan mengeluarkan ingus karena penyakit anak kecil, nongtot bool = ambeien atau wasir.

Jodo /jodo/ artinya jodoh, pasangan hidup, sesuatu yang cocok sehingga menjadi sepasang pasangan, cocok, atau tepat.

Baca juga: Arti Ngagoréng Daging ku Gajih

Demikianlah, semoga bermanfaat.