Arti Palias dan Palangsiang Dengan Contoh Kalimatnya

Arti palias dan palangsiang bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Apa artinya palias dan palangsiang? Kedua kata Sunda tersebut mengandung arti yang berbeda. Namun pembahasannya sengaja disatukan di artikel ini karena berawalan dari huruf yang sama yaitu P (PA). Tujuannya supaya sekali membaca artikel belajar bahasa Sunda, bisa sekaligus mendapat dua pengertian.

Walaupun palangsiang dan palias beda artinya, tetapi ada sedikit keterkaitan antara keduanya. Untuk lebih jelasnya bisa disimak langsung pada uraian singkat di bawah ini.

Palias

Hartina palias nyaeta semoga dijauhkan dari hal-hal buruk atau semoga tidak terjadi peristiwa yang tak diinginkan. Kata palias semacam do’a atau penolakan terhadap perkara buruk yang disebutkan.

Penggunaannya dalam kalimat bisa diperhatikan dari contoh percakapan berikut ini.

Kabayan: “Nyi wios dicandung ku akang?” (Dek, enggak apa-apa dimadu oleh abang?)

Iteung: “Amit-amit, palias teuing” (Amit-amit, jauhkan!)

Ujang: “Sing bisul bonganna teu mere peuyeum” (disumpahin semoga bisul karena tak ngasih tape).

Neneng: “Palias, teu hade ngadu’akeun teh” (semoga tidak terjadi, kok mendo’akan jelek).

Atau dalam bentuk kalimat pernyataan, misalnya¬†“Palias Gusti salametkeun abdi ti pameget cunihin”. Artinya jauhkan ya Tuhan selamatkan aku dari pria hidung belang”.

Palangsiang

Palangsiang artinya sama dengan boa atau boa-boa. Palangsiang dan boa-bia merupakan kata dalam bahasa Sunda yang berarti jangan-jangan. Hartina palangsiang dina basa Sunda anu leuwih deukeut nyaeta sok inggis atau sok sieun. Palangsiang dan boa-boa biasanya diucapkan karena cemas atau khawatir (hariwang, melang).

Contoh kalimatnya:

Palangsiang kumaonam wayah kieu kang Kabayan can embol-embol. Artinya jangan-jangan terjadi sesuatu jam segini kang Kabayan belum datang-datang.

Boa-boa Kang Kabayan kawin deui geus tilu bulan teu balik ka lembur. Artinya jangan-jangan kang Kabayan nikah lagi sudah tiga bulan tidak pulang kampung.

Bedanya palangsiang dan boa-boa:

Palangsiang artinya jangan-jangan dengan rasa khawatir ata cemas takut terjadi sesuatu. Sedangkan boa-b0a artinya sama jangan-jangan tapi lebih ke curiga.

Itulah arti kata palias dan palangsiang dina bahasa Sunda. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *