Arti Panjang Leungeun dan Contoh Kalimatnya

  • Whatsapp
Arti Panjang Leungeun dan Contoh Kalimatnya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya! Pada postingan ini saya kembali akan membahas babasan Sunda yang populer dalam percakapan sehari-hari, yaitu panjang leungeun.

Panjang leungeun nyaeta babasan Sunda yang terdiri atas dua kata, yakni panjang dan leungeun. Sebelum menjelaskan arti babasan panjang leungeun simak dulu arti denotasi panjang dan leungeun berikut ini.

Panjang dalam bahasa Sunda artinya sama dengan definisi panjang dalam bahasa Indonesia. Orang Sunda umumnya membaca panjang itu panyang (teu ngirung).

Lawan kata panjang adalah pondok (orang Sunda membacanya ponok) dan pendek (pénék).

Kata-kata Sunda turunan dari panjang dan artinya:

  • Manjang = menjadi panjang (biasanya terkait urusan atau hubungan) secara alami atau tanpa sengaja
  • Manjangan = melar, menjadi panjang (seperti karet ditarik menjadi panjang)
  • Manjangkeun = memperpanjang
  • Panjangan = panjangin
  • Panjangkeun = panjangkan
  • Papanjangan = menjadi panjang urusan secara sengaja
  • Sapanjangna = sepanjangnya
  • Sapapanjangna = selamanya

Leungeun artinya tangan. Leungeun tergolong bahasa Sunda loma, bahasa halusnya adalah panangan, dan bahasa kasarnya kokod.

Apa artinya panjang leungeun?

Babasan Sunda panjang leungeun artinya suka mengambil barang orang lain tanpa izin (sok cukat cokot kana barang batur).

Panjang leungeun merupakan sifat jelek yang harus dihindari. Mengambil barang yang bukan hak kita termasuk perbuatan dosa dan tercela.

Kesimpulannya pengertian panjang leungeun adalah suka mencuri barang milik orang. Dalam bahasa Indonesia ada ungkapan yang bermakna sama, yaitu panjang tangan.

Contoh kalimat

Kade ulah panjang leungeun bisi pada ngagebugan, saleuheung keneh lamun teu dilaporkeun ka pulisi. Artinya awas jangan panjang tangan nanti pada ngegebukin, masih mending jika tidak dilaporkan ke polisi.

Moal aya nu resepeun ka jelema nu panjang leungeun mah da kalakuanna ngarugikeun ka batur. Artinya tidak akan ada yang suka sama orang yang suka mencuri karena kelakuannya merugikan orang lain.

Ulah ulin jeung budak panjang leungeun bisi disakompet daunkeun. Artinya jangan main sama anak panjang tangan takutnya disama ratakan.

Itulah pengertian dan contoh kalimat panjang leungeun. Semoga kita mampu menjaga diri dari perbuatan-perbuatan tercela dan terhindar dari musibah. Aamiin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *