Arti Pait Daging Pahan Tulang

Arti Peribahasa Sunda Pait Daging Pahang Tulang

SUNDAPEDIA.COM, Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas secara singkat tentang arti peribahasa amis daging dan contoh kalimatnya. Nah, sekarang pada artikel ini saya akan coba mengulas tentang peribahasa Sunda yang masih ada kaitannya dengan kata daging, yaitu pait daging pahang tulang.

Peribahasa pait daging pahang tulang merupakan peribahasa Sunda untuk mengungkapkan kondisi tubuh seseorang yang memiliki imun tinggi.

Arti peribahasa pait daging pahang tulang

Sebelum mengetahui apa arti kiasan pait daging pahang tulang, ada baiknya kamu baca dulu arti kata atau makna denotasi peribahasa tersebut.

Pait

Pait dalam bahasa Indonesia artinya pahit. Pait merupakan kosakata Sunda tentang rasa yang dirasakan oleh lidah. Namun sering juga dikiaskan pada kondisi di mana kehidupan terasa pedih atau menderita.

Daging

Daging bahasa Indonesianya adalah daging. Jadi antara bahasa Indonesia dan bahasa Sunda untuk kata daging artinya sama, yaitu daging.

Pahang

Pahang adalah semacam rasa tidak enak seperti rasanya buah mahoni. Pahang juga sering digunakan sebagai makna kiasan yang berarti pelit.

Tulang

Tulang bahasa Indonesianya adalah tulang, yaitu organ tubuh manusia atau binatang yang keras, berwarna putih, dan ada di bawah daging.

Arti kiasan

Arti atau makna kiasan pait daging pahang tulang yaitu memiliki imunitas tinggi sehingga tidak mudah terserang penyakit. Ibaratnya daging yang pahit dan tulang yang pahang tidak disukai oleh virus atau bakteri.

Dalam bahasa Sunda, suka ada ungkapan keur meujeuhna belekesenteng, pait daging pahang tulang. Artinya yaitu pemuda sedang kuat-kuatnya, tidak mudah sakit. Lawan dari peribahasa pait daging pahang tulang adalah amis daging.

Silakan baca: Arti Ungkapan Amis Daging dan Contoh Kalimatnya

Contoh kalimat

Mang Idan mah pait daging pahang tulang, kapoé kaibun ogé teu régrog. Artinya Mang Idan tubuhnya kuat, kena matahari dan kehujanan juga tak apa-apa.

Kudu getol olahraga ngarah pait daging pahang tulang. Artinya harus rajin olahraga supaya tubuh kuat tidak mudah sakit.

Demikian, semoga penjelasan ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *