Selasa , Desember 1 2020
Arti Sabiwir Hiji

Arti Sabiwir Hiji dan Contoh Kalimatnya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya. Masih membahas arti ungkapan Sunda, kali ini saya akan menjelaskan secara singkat arti sabiwir hiji beserta contoh kalimatnya.

Sabiwir hiji terdiri atas dua kata, yaitu sabiwir dan hiji. Arti kata dan makna kiasannya jelas berbeda. Sebelum menjelaskan makna kiasan, silakan simak dulu arti katanya untuk memperkaya kosakata bahasa Sunda kamu.

Sabiwir

Sabiwir asal katanya dari biwir yang berarti bibir. Sabiwir bisa diartikan sebibir. Biwir merupakan bahasa Sunda loma, bahasa halus atau lemesnya adalah lambey.

Baca juga: Nama-nama organ tubuh Manusia Dalam bahasa Sunda

Hiji

Hiji artinya satu. Kosakata Sunda yang berkaitan dengan angka hiji antara lain; hiji-hiji (satu persatu), hiji-hijina (satu-satunya), euweuh nu sahijieun (tidak ada seorangpun yang benar/dapat diandalkan), kahiji (nomor satu/ pertama), dan ngahiji (bersatu).

Baca juga: Kamus Sunda Angka/ Bilangan (Berhitung Dengan Bahasa Sunda)

Arti Sabiwir Hiji

Arti katanya (makna denotasi) barusan sudah dijelaskan di atas, yaitu sebibir satu. Maksudnya adalah setiap bibir sedang membicarakan satu topik yang sama. Dalam arti lain arti kiasan sabiwir hiji yaitu sedang menjadi bahan perbincangan atau trending topik.

Dalam kehidupan sehari-hari pasti selalu ada kasus/ topik yang jadi bahan perbincangan. Levelnya macam-macam, misalnya di lingkungan sekolah, di kantor, atau di tingkat nasional.

Aib atau kejelekan biasanya cepat banget menyebar dan jadi bahan perbincangan. Tapi harus diingat kita tidak boleh membicarakan aib atau kejelekan orang lain ya!

Topik yang jadi sabiwir hiji selalu dibicarakan dalam setiap kesempatan dan diberbagai tempat. Di warung kopi, di tempat kerja atau di medsos orang memperbincangkan topik yang sama.

Contoh sesuatu yang jadi trending topik/ sabiwir hiji pada tahun 2020 adalah pandemi covid19. Wabah ini tidak hanya jadi topik utama di suatu wilayah, tapi jadi sabiwir hiji di dunia karena menjadi masalah ratusan negara.

Contoh Kalimat Sabiwir Hiji

Pandemi covid19 meni jadi sabiwir hiji, jelema kabeh ngomongkeun covid (Pandemi covid19 jadi trending topik, semua orang membicarakan covid).

Youtuber Kekeyi jadi sabiwir hiji (Youtuber Kekeyi jadi bahan perbincangan di mana-mana).

Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *