Arti Ungkapan Bodo Aléwoh dan Bodo Katotoloyoh

Arti Bodo Alewoh dan Bodo Katotoloyoh

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya Sunda! Di dalam bahasa Sunda ada ungkapan yang menggambarkan sikap seseorang menghadapi ketidak tahuan. Ungkapan Sunda tersebut yaitu bodo aléwoh dan bodo katotoloyoh.

Baik, di postingan ini saya akan coba menjelaskan pengertian bodo aléwoh dan bodo katotoloyoh. Langsung saja simak di bawah ini.

1. Arti Bodo Aléwoh

Ungkapan Sunda bodo aléwoh terdiri atas dua kata, yaitu bodo dan aléwoh. Bodo dalam bahasa Indonesia artinya bodoh, sedangkan alewoh artinya adalah banyak bicara atau banyak bertanya.

Bodo aléwoh artinya tidak tahu tapi mau bertanya. Ungkapan ini dipandang memiliki makna yang baik jika dilihat dari sisi mau bertanyanya. Orang bodo alewoh ada peluang jadi orang pintar karena dia mau belajar dan bertanya.

Orang tua di tatar Sunda kalau memberi pepatah menuntut ilmu kepada anak cucunya suka menyebut “kudu bodo aléwoh”. Artinya yaitu kita harus mau belajar, jika tidak mengerti haraus mau bertanya, jangan malu jika dianggap tidak tahu dan jangan merasa pintar padahal tidak tahu apa-apa.

Justru orang pintar dan berilmu biasanya selalu merasa ilmunya kurang, sehingga mereka terus belajar dan bertanya. Makanya tidak heran kalau yang berilmu makin berilmu.

Tapi harus diingat, ada pepatah ulama yang mengatakan kalau dirimu punya ilmu sekilo maka kamu harus punya akhlaq (adab) dua kilo.

2. Arti Bodo Katotoloyoh

Kebalikan dari ungkapan bodo aléwoh adalah bodo katotoloyoh. Ungkapan Sunda ini terdiri atas dua kata, yakni bodo dan katotoloyoh. Bodo artinya sama dengan bodoh, sedangkan katotoloyoh berarti berlebihan (dalam kebodohan).

Jadi arti ungkapan bodo katotoloyoh adalah bodoh yang berlebihan. Bodo katotoloyoh itu orang yang serba tidak tahu dan tidak mau cari tahu. Sekalinya dikasih tahu, sok tahu.

Ungkapan ini maknanya jelas negatif. Sebagai manusia kita tidak boleh memiliki sifat bodo katotoloyoh. Masih mendingan bodo aléwoh daripada bodo katotoloyoh.

Yang lebih baik adalah cageur, bageur, bener, pinter yaitu sehat, berahlak baik, benar dan pintar.

Demikianlah penjelasan tentang ungkapan Sunda bodo aléwoh dan bodo katotoloyoh. Semoga ada manfaatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *