Arti wawuh munding dan contoh kalimatnya

Arti Wawuh Munding dan Contoh Kalimatnya

5 Dilihat

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya! Dari sekian banyak teman sekolah, teman kerja atau oran sedaerah ada yang kenal dekat, ada yang kenal sepintas, ada juga yang saling tahu tapi tidak saling mengenal.

Berkomunikasi dengan orang yang kenal dekat biasanya lebih akrab. Dari kelompok orang yang kenal dekat inilah teradapat sahabat dekat. Dalam bahasa Sunda sahabat dekat disebut sobat dalit.

Berbeda dengan orang yang hanya kenal sepintas atau dalam bahasa Sunda disebutnya wawuh saliwat. Komunikasi agak jarang, bahkan terasa kaku. Jika bertemu juga jarang ngobrol, paling-paling cuma melempar senyum atau menyapa dengan panggilan kang, mulih ti mana, atau badé angkat ka mana.

Baca juga: Kata-kata sapaan dalam bahasa Sunda

Kalau dengan orang yang tidak saling kenal mah tidak usah dibahas, pastinya juga tidak saling sapa. Tetapi ada pengecualian, orang yang sudah saling tahu tapi tidak saling kenal ketika bertemu di perantuan biasanya mereka bertegur sapa. Dan di situlah akhirnya jadi saling kenal.

Saya sendiri pernah mengalaminya. Di kampung mah tidak kenal (tapi tahu), begitu suatu hari ketemu di kota kami bertegur sapa dan ngobrol basa-basi. Ketika di lain waktunya bertemu lagi di kampung, kami jadi kenal karena pernah ketemu di kota. He

Apa hubungannya saling kenal dengan ungkapan wawuh munding?

Wawuh munding ada kaitannya dengan paparan saya di atas. Wawuh munding mengandung arti denotasi dan konotasi.

Makna denotasi yaitu makna kata sesuai dengan kamus, sedangkan makna konotasi adalah makna kiasan.

Arti denotasi wawuh munding yaitu wawuh (loma) artinya kenal, bahasa Indonesianya munding yaitu kerbau. Jadi menurut arti dari kamus bahasa Sunda, wawuh munding artinya kenal kerbau.

Arti konotasi atau makna kiasan dari wawuh munding yaitu kenal sepintas atau wawuh saliwat alias tidak kenal secara dekat. Misalnya sering melihat atau ketemu di suatu tempat sehingga kadang saling tegur sapa.

Contoh kalimat

Ujang: Saha nu bieu din?

Udin: Duka teu apal.

Ujang: Piraku teu wawuh, gening nanya ka manéh.

Udin: Teu nyaho da ukur wawuh munding.

Baca juga: Arti tuturut munding dan contoh kalimatnya

Itulah arti wawuh munding dan contoh kalimatnya. Semoga postingan ini bermanfaat.