Arti Wiwirang di Kolong Catang Nya Gede Nya Panjang

Arti Wiwirang di Kolong Catang Nya Gede Nya Panjang

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Wiwirang di kolong catang nya gede nya panjang merupakan peribahasa Sunda. Dilihat dari isinya, peribahasa tersebut termasuk wawaran luang yaitu paribasa nu ngandung maksud picontoeun atawa pieunteungeun.

Picontoeun artinya patut untuk ditiru, sedangkan pieunteungeun adalah untuk dijadikan cermin agar tidak teralami. Selain mengandung makna wawaran luang, isi peribahasa Sunda juga mengandung pangjurung laku hadé (anjuran berbuat baik) dan panyaram lampah salah (larangan berbuat salah).

Paribasa termasuk ke dalam pakeman basa, yaitu untaian kata yang susunannya sudah pakem (tetap) dan mempunyai harti injeuman (makna kiasan).

Arti peribahasa wiwirang di kolong catang

Makna kiasan yang terkandung dalam paribasa wiwirang di kolong catang nya gedé nya panjang adalah mengalami suatu kejadian yang bikin malu. Harti injeuman paribasa tadi téh ceuk dina basa Sunda mah nya éta ngalaman hiji kajadian nu matak pikaéraeun.

Kata-kata nya gedé nya panjang mengandung makna bahwa malu yang dialami itu sangat luar biasa. Semoga kita semua terhindar dari kejadian yang sangat memalukan.

Arti kata-kata menurut kamus

Makna kiasan dari paribasa memang berbeda dengan arti denotasi atau arti kata sebenarnya di dalam kamus. Tetapi masih tetap ada kaitannya. Arti kata-kata dalam kamus Sunda dari peribahasa tadi adalah sebagai berikut.

Arti wiwirang dalam kamus bahasa Sunda – Indonesia adalah ‘(menanggung/ mengalami) malu’. Wiwirang merupakan kecap rajekan dwipurwa atau kata ulang yang disebut dua kali suku kata pertama bentuk dasarnya (wiwirang).

Arti di kolong dalam kamus bahasa Sunda – Indonesia yaitu di kolong atau di bawah. Kolong merupakan nama tempat, biasanya menunjukkan di bawah bangunan seperti kolong jembatan, kolong rumah panggung, dan sebagainya. Penulisan di pada frasa ini harus dipisahkan karena di merupakan preposisi atau kata depan yang menunjukkan tempat keberadaan.

Arti catang dalam kamus bahasa Sunda – Indonesia adalah dahan atau batang kayu yang sudah jatuh, baik sengaja ditebas atau jatuh sendiri karena lapuk. Kolong catang merupakan frasa nomina.

Nya gedé terdiri atas dua kata. Nya artinya ya, gedé artinya besar. Secara tingkatan bahasa, kata gedé termasuk bahasa Sunda loma. Bahasa lemesnya ageung.

Nya panjang arti menurut kamus yaitu ‘ya panjang’

Jika digabungkan, kata-kata nya gedé nya panjang berarti ‘sudah besar, panjang lagi’ atau ‘besar dan panjang’. Kata-kata ini dalam rangkaian peribahasa menerangkan sifat dari catang. Arti catang nya gedé nya panjang menurut kamus yaitu dahan kayu sudah jatuh ke tanah ukurannya besar dan panjang.

Contoh kalimat

Pajabat anu ditéwak KPK alatan nilep duit rahayat sajaba ti kakayaanna disita téh, ogé wiwirang di kolong catang nya gedé nya panjang. Anu tadina pada ngahormat teh geus kitu mah jadi euweuh ajénna.

Artinya, pejabat yang ditangkap KPK gegara korupsi selain kekayaannya disita, juga menanggung malu yang luar biasa. Yang tadinya dihormati banyak orang kini tak ada harganya.

Baca juga: Arti Nista Maja Utama

Demikianlah, semoga bermanfaat.