Bacaan Akad Nikah Bahasa Sunda

Bacaan Akad Nikah Bahasa Sunda (Lafal Ijab Kabul)

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya Sunda! Pada kesempatan ini saya akan sharing teks bacaan akad nikah dalam bahasa Sunda.

Mudah-mudahan lafadz akad nikah Sunda ini berguna buat kamu yang akan melakukan ijab kabul dalam bahasa Sunda.

Bolehkan akad nikah (ijab kabul) menggunakan bahasa Sunda?

Mengutip dari konsultasisyariah.com, mayoritas ulama berpendapat bahwa orang yang tidak bisa bahasa Arab boleh melakukan akad nikah dengan bahasa kesehariannya.

Karena dia tidak mampu berbahasa Arab, sehingga tidak harus menggunakan bahasa arab. Sebagaimana orang bisu. Selengkapnya silakan baca di sini atau konsultasikan langsung dengan ustadz (guru).

Bahasa keseharian maksudnya adalah bahasa sehari-hari, bisa bahasa nasional atau bahasa daerah masing-masing, termasuk bahasa Sunda. Dulu, saya juga membacakan akad nikah dengan bahasa Sunda. Kebetulan saya dan istri sama-sama orang Sunda.

Sampai di sini saya tidak akan bicara banyak tentang hukum membaca ijab kabul, karena saya tidak punya kapasitas tentang hal ini. Sebaiknya langsung bertanya pada ustadz.

Lafal Ijab Kabul

Dikutip dari islam.nu.or.id, lafal ijab seorang wali atau wakilnya di tengah masyarakat umumnya adalah: “Saya nikahkan dan kawinkan engkau dengan Fulanah binti Fulan….”

Sementara qabul nikahnya, dalam terjemahan Bahasa Indonesia biasa dipakai: “Saya terima nikah dan kawinnya Fulanah binti Fulan dengan mahar tersebut ….”

Dalam bahasa Indonesia, kalimat “Saya nikahkan dan kawinkan engkau dengan Fulanah binti Fulan …,” dan shighat ijab “Saudara Fulan, saya nikahkan denganmu Fulanah binti Fulan,” tidak memiliki perbedaan signifikan.

Pejelasan lengkapnya silakan baca di sini atau lebih baik konsultasikan langsung dengan ustadz.

Teks Bacaan Akad Nikah Bahasa Sunda

Sebelum membacakan lafadz akad nikah, pengulu akan memandu wali nikah dan mempelai untuk mengucapkan basmallah, istigfar, dua kalimat syahadat, shalawat Nabi, dan kalimat-kalimat toyibah.

Teks bacaan ijab bahasa Sunda:

“Bismillahirrahmaanirrahiim, kaula nikahkeun jeung kawinkeun anjeun ka Fulanah anak kandung bapa, ku mas kawin perhiasan emas ‘sekian’ gram dibayar kontan.”

Artinya: Bismillahirrahmanirrahiim. Saya nikahkan dan kawinkan engkah dengan Fulanah anak kanung Bapak, dengan maskawin perhiasan emas ‘sekian’ gram dibayar tunai.

Kalau yang menikahkannya wali hakim, maka kata-kata anak kandung bapa diganti oleh binti Fulan.

Teks bacaan kabul bahasa Sunda:

“Tarima abdi nikah jeung kawinna Fulanah putri kandung bapa, ku mas kawin nu disebatkeun tadi dibayar kontan.”

Artinya: Saya terima nikah dan kawinnya Fulanah putri kandung Bapak, dengan mas kawin tersebut di bayar tunai.

Kalau yang menikahkannya wali hakim, maka kata-kata putri kandung bapa diganti oleh binti Fulan.

Baca juga: Contoh Kata-kata Undangan Pernikahan Bahasa Sunda

Demikian, semoga pernikahan kita mendapat limpahan karunia dan ridho-Nya. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *