Balasan Ucapan Ulang Tahun Bahasa Sunda

Balasan Ucapan Ulang Tahun Bahasa Sunda Halus

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya! Sekarang orang yang tahu hari ulang tahunmu bukan hanya teman dekat, tapi orang-orang yang berteman di media sosial seperti Facebook bisa tahu lewat pemberitahuan ulang tahun.

Apalagi kalau yang ulang tahunnya sengaja dirayakan dengan acara syukuran dan mengundang teman-teman. Mereka sudah pasti tahu kalau kamu sedang ulang tahun.

Teman-teman dunia nyata dan teman dumay yang tahu kamu ulang tahun kemudian mereka menaruh simpati ke kamu, biasanya mereka suka mengucapkan selamat ulang tahun. Betul?

Jika kamu menerima ucapan ulang tahun, baik langsung maupun lewat chat WA atau komentar Facebook, kamu perlu membalasnya dengan kata-kata yang baik.

Yang orang Sunda sangat mungkin akan diberi ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Sunda. Contohnya sudah saya tulis di postingan kata-kata ucapan selamat ulang tahun bahasa Sunda.

Di sini saya akan berbagi contoh kata-kata balasan ucapan ulang tahun menggunakan bahasa Sunda yang halus.

Balasan ucapan selamat ulang tahun langsung

Ucapan selamat ulang tahun umumnya disertai do’a panjang umur, murah rezeki, tercapai cita-cita, dan sebagainya. Kamu wajib mengaminkannya, siapa tahu dari sekian banyak do’a ada yang benar-benar tulus dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Balasan untuk ucapan selamat ultah dengan bahasa Sunda yang disampaikan secara langsung contohnya sebagai berikut.

Aamiin ya Robbal Alamin. Hatur nuhun pisan tina du’a sareng sagala rupina. Mudah-mudahan Allah ngabales ku kasaean anu langkung. Artinya Aamiin ya Robbal Alamin. Terima kasih banyak atas do’a dan segalanya. Semoga Allah membalas dengan kebaikan yang berlipat ganda.

Aamiin ya Rabb. Nuhun pisan du’ana, mudah-mudahan diijabah. Du’a terbaik oge keur …. (sebut nama temanmu). Artinya Aamiin ya Rabb. Terima kasih banyak, semoga dikabulkan. Do’a terbaik juga untukmu..

Aamiin. Nuhun nya lur. Asik bakal aya nu nraktir. Sok atuh ulah asa-asa. (Balasan untuk ucapan ultah lucu untuk teman yang sudah akrab banget). Artinya Aamiin. Terima kasih bro. Asyik akan ada yang mentraktir. Silakan jangan sungkan.

Balasan ucapan ulang tahun lewat chat WA/ FB

Balasan untuk ucapan yang dikirim lewat chat WA atau komentar FB tak jauh beda dengan balasan yang disampaikan langsung.

Contohnya seperti ini.

Nuhun kana du’ana. Mana kadona atuh?, artinya terima kasih atas do’anya. Mana kadonya?. Ini balasan santai untuk ucapan dari sahabat.

Aamiin. Hatur nuhun pisan tos ngadu’akeun. Artinya Aamiin, terima kasih banyak sudah mendo’akan.

Balasan ucapan ulang tahun dari orang tua

Untuk membalas ucapan selamat ulang tahun dari orang tua harus menggunakan bahasa Sunda yang halus dan sopan. Beda dengan membalas ucapan dari teman.

Hatur nuhun mah/pa tos janten mamah/bapa terbaik. Hatur nuhun kana du’a sareng sagala rupi kanyaah mamah/bapa salami ieu anu moal tiasa kabales ku abdi. Hapunten abdi teu acan tiasa ngabungahkeun mamah/bapa. Mugi mamah/bapa rido ka abdi.

Balasan ucapan ulang tahun dari anak

Sebaliknya, jika mendapat ucapan selamat ulang tahun bahasa Sunda dari anak maka contoh balasannya sebagai berikut.

Nuhun bageur tos emut sareng ngadu’akeun ka mamah/bapa. Mugi du’a hidep sing diijabah ku Gusti. Hampura mamah/bapa teu bisa ngabungahkeun ka hidep, didu’akeun sing sholeh/sholehah, luhur harkat gede darajat.

Balasan ucapan ulang tahun dari suami/istri/pacar

Nuhun sayang. Aamiin ya Robbal Alamin, du’a na katampi pisan. Padahalmah teu kedah masihan kado sagala (bisa jadi beneran bisa jadi sindiran), ku tos emut sareng nrela nampi abdi nu sakieu buktosna oge tos kalintang bingahna.

Itulah contoh kata-kata balasan ucapan ulang tahun bahasa Sunda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *