Perbedaan Paguneman, Guneman, dan Gunem Catur

Bedanya Arti Paguneman, Guneman, dan Gunem Catur

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Kata paguneman, guneman, dan gunem catur dalam bahasa Sunda terdengar sangat mirip. Sudah tahu apa perbedaannya? Kalau belum tahu, silakan simak penjelasan singkat di bawah ini.

Paguneman

Paguneman /pa·gu·ne·man/ artinya obrolan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, baik melalui ragam bahasa lisan maupun tulisan. Asal katanya dari kata gunem artinya berkata. Imbuhan pa- dan -an menunjukan arti saling berkata. Berdasarkan kelas katanya, paguneman termasuk kata benda karena merupakan hal.

Guneman

Guneman /gu·ne·man/ artinya sama dengan paguneman, yaitu obrolan atau percakapan antara dua orang atau lebih yang dilakukan secara lisan atau tulisan.

Percakapan melalui lisan bisanya dilakukan secara langsung atau tatap muka. Tetapi di zaman teknologi komunikasi, obrolan lisan juga dapat menggunakan media seperti telepon atau video call.

Obrolan dalam bentuk tulisan zaman sekarang dapat dilakukan melalui status media sosial atau chat pribadi melalui messenger, whatsapp, email, dan lain-lain. Selain itu, obrolan tulisan juga dapat dijumpai dalam karya-karya sastra seperti naskah drama, carpon, fiksimini, dll.

Intinya, paguneman dan guneman itu artinya sama yaitu obrolan atau percakapan dua orang atau lebih, baik secara lisan maupun tulisan.

Gunem Catur

Gunem catur artinya ngobrol, dialog atau bercakap-cakap. Gunemcatur merupakan bentuk kata kerja aktif, terdiri dari dua mordem dasar yaitu gunem artinya berkata dan catur artinya perkataan (omongan; caritaan).

Dialog atau bercakap-cakap merupakan cara manusia berkomunikasi untuk menyampaikan ide, pendapat, keinginan, dan perasaannya. Juga sebagai cara untuk mengetahui isi pikiran atau isi hati orang lain.

Baca juga: Contoh Dialog atau Percakapan Sunda Tentang Hobi

Demikianlah, semoga bermanfaat.