Buku Bahasa Sunda Kelas 1 SD kurikulum 2013

Buku Bahasa Sunda Kelas 1 SD/ MI Kurikulum 2013

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Buku Bahasa Sunda kelas 1 SD dan MI Kurikulum 2013 ini diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat pada tahun 2014.

Isi buku Basa Sunda elektronik pikeun SD/MI Kelas 1 ini menggunakan Adobe InDesign CS3 dan Adobe Photoshop CS3. Font atau huruf menggunakan Arial 12 pt – 18 pt. Bisa didownload dalam format PDF.

Bahasa Sunda merupakan Mulok (muatan lokal) mata pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah di Jawa Barat. Manfaat belajar bahasa Sunda sejak sekolah dasar yaitu bisa berkomunikasi menggunakan bahasa daerah suku Sunda secara baik dan benar.

Selain itu, dengan menguasai bahasa Sunda, kita juga bisa belajar budaya Sunda yang menjadi bagian dari kekayaan budaya nasional.

Materi Bahasa Sunda kelas 1 SD/MI

Materi pelajaran Bahasa Sunda SD dan MI kelas 1 terdiri atas 8 bab (pangajaran), yaitu sebagai berikut:

BAB I: Ngurus diri sorangan

Ngurus diri sorangan artinya mengurus diri sendiri. Materi pangajaran pada bab I berfokus pada mendengarkan cerita (ngaregepkeun), belajar maca dan menulis aksara, serta menunjukkan gambar.

BAB II: Pangaresep

Materi BAB Pangaresep atau hobi antara lain mendengarkan cerita resep ngurus sasatoan seperti japati dan kelinci, menulis aksara, serta belajar membaca aksara.

Pada BAB II ini sudah tidak lagi menunjukkan gambar, tetapi siswa dituntut untuk bisa menceritakan gambar. Siswa juga dilatih untuk menuliskan hobi atau pangaresep.

Baca juga: Macam-macam hobi dalam bahasa Sunda

BAB III: Kagiatan

Materi BAB Kagiatan antara lain ngaregepkeun carita indit ka sakola (berangkat ke sekolah), menceritakan kegiatan dengan bimbingan guru, belajar membaca dan melengkapi kalimat serta membaca paguneman.

Baca juga: Contoh paguneman basa Sunda

BAB IV: Kulawarga

Bab Kulawarga (keluarga) materinya mendengarkan cerita kulawarga, mendengarkan piwuruk (pepatah, nasihat), belajar membaca, ngejah, menyelesaikan dan melengkapi kalimat, memperagakan paguneman, serta nataan keluarga jeung dulur.

BAB V: Pangalaman

Pada Bab Pangalaman, siswa belajar ngabandungan (mendengarkan sambil menyimak) cerita pengalaman nyaba (bepergian), menceritakan gambar, menggunakan kalimat tanya, melengkapi istilah tempat, dan nembangkeun (menyanyikan) pupuh.

BAB VI: Lingkungan Sabudeureun

Bab Lingkungan sabudeureun (lingkungan sekitar) materinya belajar membaca bedas (nyaring) tentang musim hujan. Selain itu, pada bab lingkungan ini terdapat materi memelihara lingkungan dan mengenal perkakas.

BAB VII: Miara Barang jeung Mikanyaah Sasatoan katut Tatangkalan

Pada bab ini materinya adalah apik kana barang, menyayangi binatang dan pepohonan. Materi dikemas dalam bentuk tembang dan pupuh.

BAB VIII: Kajadian Alam

Kejadian alam materinya yaitu katumbiri (pelangi) dan kejadian-kejadian dan suasana alam lainnya. Pada bab terakhir mulai dikenalkan maca dina jero hate (membaca dalam hati) dan memperagakan paguneman (percakapan).

Tebal keseluruhan buku siswa Bahasa Sunda SD/MI kelas 1 ini dari mulai sampul sampai daftar pustaka dan lembar catatan sebanyak 140 halaman. Untuk mengunduhnya PDF Basa Sunda kelas 1 SD/MI silakan buka di Google Drive.

Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *