Contoh gaya basa Lalandian atau majas metafora bahasa Sunda

10 Contoh Gaya Basa Lalandian atau Majas Metafora Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Gaya basa lalandian disebut oge majas atawa gaya bahasa metafora. Kata lalandian merupakan kecap rajekan dwipurwa dengan tambahan rarangken tukang -an. Asal katanya dari landi = julukan; sebutan; panggilan.

Kata nama dari kata ulang dwipurwa ditambah akhiran -an, menunjukkan:

  1. Jika kata dasarnya kata kerja, menunjukkan alat alau yang dihasilkan: cocooan – ‘mainan’.
  2. Jika kata dasarnya kata nama, mengandung arti kolektif (kumpulan atau macam-macam): tatangkalan – ‘pohon-pohonan’. Dan menunjukkan alat permainan (mengandung arti menyerupai): lalandian – ‘nama panggilan; nama sebutan; nama julukan’.

Metafora artinya  pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan.

Baca juga: Contoh Kalimah Babandingan atau Kalimat Perbandungan Bahasa Sunda

Arti gaya basa lalandian nyaéta gaya basa nu ngagunakeun kecap panglandi pikeun nuduhkeun barang atawa hal nu ngabogaan sipat nu sarua. Atau majas metafora adalah gaya bahasa yang memberikan sebutan atau panggilan kepada barang atau orang dengan cara membandingkannya dengan barang atau orang lain.

Contoh gaya basa lalandian atau majas metafora bahasa Sunda

  1. Nyi Mira mah keur geulis teh jadi bentang kelas deuih. Nyi Mira sudah cantik jadi bintang kelas lagi.
  2. Di Kota Dodol mah loba pisan tempat wisata alam anu arendah. Di Kota Dodol banyak sekali tempat wisata alam yang indah.
  3. Oleh-oleh Kota Intan anu kasohor ka mancanagara nyaeta jeket kulit Sukaregang. Oleh-oleh Kota Intan yang terkenal ke mancanegara yaitu jaket kulit Sukaregang.
  4. Kembang desa pada marebutkeun ku para jajaka. Bunga desa diperebutkan oleh para jejaka.
  5. Persib Bandung jeung Persija Jakarta keur maen di stadion Si Jalak Harupat. Persib Bandung dan Persija Jakarta sedang bertanding di stadion Si Jalak Harupat.
  6. Sora raja leuweung ngagerem matak gimir. Suara raja hutan menggeram bikin nyali ciut.
  7. Ujang mah jago kandang, wani na ukur di lembur sorangan. Ujang adalah jago kandang, beraninya cuma di kampung sendiri.
  8. Nyi Iteung beulahan hate akang. Nyi Iteung belahan hati abang.
  9. Mang Ule neang indung beurang sabab ceu Atih geus karasa mules beuteung rek ngajuru. Mang Ule memanggil dukun beranang sebab ceu Atih sudah mules perut akan melahirkan.
  10. Poe isuk Maung Bandung bakal adu hareupan jeung Macan Kemayoran di stadion Siliwangi. Besok Maung Bandung (Persib) akan berhadapan dengan Macan Kemayoran (Persija) di stadion Siliwangi.

Baca juga: 10 Contoh Gaya Basa Ngupamakeun, Majas Perbandingan (Simile) Sunda

Demikianlah semoga contoh gaya basa lalandian atau gaya bahasa metafora Sunda di atas dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *