Selasa , Desember 1 2020
Contoh kalimat disjungtif bahasa Sunda

7 Contoh Kalimat Disjungtif Bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Kalimat disjungtif dalam bahasa Sunda disebut kalimah pilih. Kalimat jenis ini termasuk kalimat majemuk (kalimah ngantet) karena menggunakan kata penghubung.

Kalimat disjungtif mengandung klausa-klausa pilihan yang dihubungkan dengan konjungsi: atawa, atanapi, boh… boh…, teuing…. teuing…, lain… lain…, sanes… sanes…, teu… teu…

Baca juga: Kecap sambung, konjungsi, atau kata penghubung bahasa Sunda

Menurut undak usuk basa, kata atawa, boh, teuing, lain, dan teu termasuk bahasa Sunda loma (sedang; akrab). Kata teuing mengandung dua arti, yaitu duka (tidak tahu) dan kacida (terlalu). Contohnya:

  • Itu teh teuing Luna Maya teuing Agnes Mo. (Itu tidak tahu Luna Maya tidak tahu Agnes Mo).
  • Mundur saeutik, ulah hareup teuing. (Mundur sedikit, jangan terlalu depan).

Kata atanapi dan sanes termasuk bahasa Sunda lemes (halus). Kata boh, teu, dan teuing (terlalu) bisa juga dipergunakan dalam percakapan bahasa halus.

Contoh kalimat disjungtif bahasa Sunda

  1. Sakola di negeri atawa di swasta oge bakal pinter ari urang tekun mah diajarna. (Sekolah di negeri atau di swasta juga akan pintar jika kita tekun belajarnya).
  2. Upami bade kuliah jurusan Basa Sunda tiasa daptar ka Unpad atanapi ka UPI Bandung. (Kalau mau kuliah jurusan Bahasa Sunda bisa daftar ke Unpad atau ke UPI Bandung).
  3. Boh indung boh bapa sarua nyaaheun ka kuring. (Baik ibu maupun bapak sama sayang padaku).
  4. Isuk teh teuing rek Garut teuing rek Tasik. (Besok tidak tahu mau pergi ke Garut atau ke Tasik).
  5. Pamajikan kuring mah lain PNS lain pengusaha tapi ibu rumah tangga. (Istriku bukan PNS, bukan pengusaha tapi ibu rumah tangga).
  6. Punten sanes ngewa sanes teu suka nanging tos gaduh kabogoh. (Maaf bukan benci atau tidak suka tapi sudah punya pacar).
  7. Jaman ayeuna mah teu kolot teu budak pagaweanna ngan nyaroo wae hp. (Zaman sekarang tidak orang tua tidak anak muda kerjanya hanya mainin ponsel).

Baca juga: Contoh Kalimat Konsesif Bahasa Sunda

Demikianlah penjelasan dan contoh kalimat disjungtif bahasa Sunda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *