Contoh sindiran Sunda lucu

Contoh Sindiran Sunda Lucu Untuk Status Medsos

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya! Hati-hati menulis status sindiran di media sosial, jangan sampai jarimu menjadi harimaumu yang menyinggung orang lain dan membahayakan dirimu sendiri. Medsos jangan dipakai untuk mencaci orang atau memposting konten negatif.

Kalau mau bikin status nyindir, buatlah kata-kata sindiran yang tidak menyinggung, tidak merusak nama baik, dan tidak mengeluarkan kata-kata kotor. Pokoknya jangan yang macam-macam supaya tidak terjerat UU ITE.

Sindiran untuk sekadar hiburan tanpa ada maksud buruk dan kata-kata kotor yang ditujukan pada orang atau kelompok tertentu, mungkin masih boleh. Kalau betul tujuannya baik, maka kata-katanya harus baik dan caranya pun harus baik.

Di postingan ini saya akan sharing contoh-contoh sindiran Sunda lucu untuk bahan status media sosial. Menurut saya ini tidak memojokkan orang lain apalagi menyindir secara pribadi. Kata-kata Sindiran Sunda di bawah ini bersifat umum untuk menjadi bahan renungan agar hidup lebih baik.

Tong gede hulu bisi teu asup helm.

Artinya: Jangan besar kepala (sombong) takutnya tidak masuk helm. Ini lebih ke mengingatkan agar kita tidak sombong. bisi teu asup helm, merupakan kata-kata lucu untuk penyedap supaya tidak ada yang tersakiti.

Ulah asa aing usah kidul da uyah kidul oge teu asa maneh.

Artinya: Jangan merasa uyah kidul (paling unggul/ sombong), uyah kidul juga tidak rasa kamu. Uyah artinya garam, kidul artinya selatan. Asa aing uyah kidul adalah peribahasa Sunda yang berarti sombong.

Jajan ti kolot, kuota ti kolot ari dititah poporongos. Boa di dieu aya nu kitu?

Artinya: Jajan dari orangtua, kuota dari orangtua kalau disuruh balik membentak. Mungkin gak di sini ada yang seperti itu?

Eta nu sok pamer mesra jeung kabogoh dina medsos, geus apal harga beas can?

Artinya: Itu suka pamer mesra bareng pacar di medsos, sudah tahu harga beras belum? Ini maksudnya supaya jangan pamer kemesraan di medsos karena selain dosa, belum tentu berjodoh, dan sebaiknya bekerja dulu yang giat buat bekal berumah tangga.

Di luar mah jiga singa, balik ka imah mah jiga bueuk meunang mabuk.

Artinya: Di luar kaya singa, pulang ke rumah nunduk gak ada apa-apanya. Ini sindiran buat anak yang suka polontong di luar, pulang ke rumah dimarahin mamah. Atau sindiran buat cowok galak tapi pulang ke rumah susis.

Lamun makan teman teh ulah ditambul, sanguan ameh seubeuh.

Artinya: Kalau makan teman pakai nasi biar kenyang. Sindiran lucu agar tidak mengkhianati teman sendiri.

Ari geus beurat mah beban teh piceun ulah diomong-omong bae, kajaba mun rek dikilo sugan payu.

Artinya: Kalau sudah berat beban ya dibuang jangan diomong-omong terus, kecuali mau dikilo barangkali laku. Sindiran Sunda lucu untuk tidak mengeluh.

Ka kabogoh sorangan cul culan ka kabogoh batur culametan ka kolot culudur. Di dieu aya nu kitu?

Artinya: Ke pacar sendiri suka ninggalin, ke pacar orang culametan (suka godain), ke orang tua tidak sopan. Di sini ada yang begitu?

Nu pernah ngarasakeun sagala ti aing ari kawin jeung batur, rumasa teu etateh karma ti kolot? Sagala ti kolot, ari babakti kalah ka jodoh orang.

Artinya: Yang pernah merasakan segala dari saya tapi nikah dengan orang lain, merasa gak itu karma dari orangtua? Segala dari orangtua tapi berbakti ke jodoh orang.

Keur jaman apel mah jauh dijugjug anggang diteang, naha ari geus kawin pamajikan tinggaleun di pasar oge teu karasa.

Kalau jaman wakuncar jauh juga dituju, kenapa kalau udah nikah istri ketinggalan di pasar juga tidak terasa.

Keur bobogohan mah hp oge ngahaja tukeur pake ngarah katempo satia, geus kawin mah ka cai oge dibabawa. Padahal mah sakalian mandian.

Artinya: Lagi pacaran mah HP juga sengaja tukarean biar kelihatan setia, sudah nikah mah ke kamar mandi juga dibawa. Padahal mandiin sekalian. Sindiran Sunda lucu untuk yang suka menyimpan rahasia di HP.

Demikian, semoga postingan ini dapat menghibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *