Contoh Ucapan Bela Sungkawa Turut Berduka dan Ikut Prihatin Bahasa Sunda

Contoh Ucapan Belasungkawa dalam Bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Hidup ini berpasang-pasangan. Ada laki-laki ada perempuan, ada siang ada malam, ada suka ada duka, dan sebagainya. Ketika orang di sekitarmu mendapat kebahagiaan, tidak salah jika kamu mengucapkan selamat atau turut berbahagia. Sebaliknya, jika mereka sedang berduka atau mendapat musibah, alangkah baiknya mengucapkan kata-kata bela sungkawa.

Kata-kata ucapan turut berduka cita tidak dapat memutar balikkan keadaan, tetapi dapat menghibur orang yang kena musibah. Selain itu, dapat membesarkan hatinya sekaligus menunjukkan kepedulianmu. Tentunya bukan ingin dilihat sebagai orang yang peduli, tetapi untuk membangun hubungan silaturahmi yang harmonis.

Orang biasanya membutuhkan motivasi ketika dirinya sedang ditimpa musibah. Yang namanya musibah itu macam-macam. Misalnya kehilangan barang berharga, anggota keluarganya meninggal dunia, kecelakaan, atau ditimpa musibah lainnya.

Jika kerabatmu yang ditimpa musibah itu orang Sunda, kamu dapat meyampaikan ucapan bela sungkawa dengan bahasa Sunda. Sekali lagi, kata-kata ikut prihatin tidak dapat mengubah keadaan, tetapi setidaknya dapat membesarkan hati untuk siap menghadapi kenyataan pahit.

Contoh ucapan bela sungkawa bahasa Sunda dan artinya

Ragam bahasa Sunda halus

1. Ngiring prihatin. Mugia masalahna sing énggal réngsé. (Ikut prihatin. Semoga masalahnya cepat selesai).

2. Ngiring prihatin. Mugi barang anu ical sing kagentosan deui kunu langkung saé (Turut prihatin. Semoga barang yang hilang terganti lagi dengan yang lebih bagus).

3. Ngiring prihatin. Mugi-mugi almarhum/ almarhumah sing husnul hotimah, ditampi iman Islamna, sareng dihapunten dosa perdosana. Atuh kulawargi anu dikantunkeun sing aya dina katabahan. (Turut berduka. Semoga almarhum/ almarhumah khusnul khotimah, diterima iman Islamnya, dan diampuni segala dosanya. Keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan).

4. Ngiring béla sungkawa, mugi sing tabah mayunan ieu cocobi ti Gusti Nu Maha Suci. (Turut bela sungkawa, semoga tabah menghadapi cobaan dari Tuhan Yang Maha Suci).

5. Sing tabah. Teu kénging alit manah, keun wéh nu atos karandapan mah da moal tiasa diuihan deui. Ayeuna mah kantun bangkit deui. (Tabahlah! Jangan berkecil hati, yang sudah terjadi tidak akan bisa diulangi lagi. Sekarang tinggal bangkit).

Ragam bahasa Sunda loma

1. Ngilu prihatin, sing tabah nyanghareupan cocoba tinu Kawasa. (Turut prihatin, semoga tabah menghadapi cobaan dari Yang Maha Kuasa).

2. Ngilu prihatin, tong leutik haté jeung sing sobar. Pasrahkeun wéh kanu Maha Kawasa. (Ikut prihatin, jangan berkecil hati dan sabarlah. Pasrahkan saja kepada Tuhan Yang Maha Kuasa).

3. Ngilu prihatin, sing kagentian deui kunu leuwih alus. (Turut prihatin, semoga diganti dengan yang lebih bagus).

Baca juga: 10 Contoh Ucapan Ikut Bahagia dalam Bahasa Sunda dan Artinya

Demikianlah, semoga bermanfaat.