Contoh Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda Bahasa Sunda

Contoh Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda Bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Kali ini saya akan berbagi contoh ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Sumpah pemuda merupakan tonggak sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Istilah Sumpah Pemuda diberikan setelah Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan di Batavia pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres Pemuda Kedua menghasilkan tiga keputusan. Dalam putusan kongres tersebut tidak muncul istilah Sumpah Pemuda, melainkan diberikan setelahnya.

Penulisan isi Sumpah Pemuda menggunakan ejaan van Ophuijsen. Bunyi Sumpah Pemuda sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding museum Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Di zaman serba sulit dan penuh keterbatasan para pemuda Indonesia pada masa itu mampu menyatukan semangat dan cita-cita untuk berdirinya negara Indonesia.

Alat transportasi masih terbatas, teknologi informasi belum secanggih sekarang, bahkan mungkin belum tersedia. Nyatanya pergerakan mereka dicatat dalam sejarah dan diperingati sampai sekarang.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ditetapkan sejak tanggal 28 Oktober 1959, melalui Keppres No. 316 tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Nah, kita yang hidup di zaman merdeka jangan mau kalah oleh para pemuda jaman dulu. Sekarang kita hanya dituntut mengisi kemerdekaan, tanpa mengangkat senjata.

Meskipun sekarang banyak tantangan, tetapi kita bebas mengembangkan diri. Tidak ada ancaman dan tekanan untuk berkarya selama tidak bertentangan dengan norma agama dan hukum yang berlaku di negara.

Ayo kita tiru semangat dan perjuangan para pemuda pendahulu kita yang telah berjasa dalam mendirikan bangsa ini. Mari bersatu untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan cara terbaiknya masing-masing.

Untuk memeringati perjuangan mereka, yuk kita penuhi beranda media sosial kita dengan ucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda.

Mau mengucapkan dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional silakan. Mau menggunakan bahasa daerah masing-masing juga tidak dilarang.

Buat dulur-dulur orang Sunda yang ingin mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda dengan basa Sunda, bisa melihat contoh berikut ini.

Wilujeng miéling Hari Sumpah Pamuda 28 Oktober 2020! Mugia urang tiasa nyonto sumanget para pamuda anu tos bajoang ngahijikeun cita-cita pikeun ngadegkeun nagara Indonesia.
Wilujeng Hari Sumpah Pamuda! 92 taun katukang, dina 28 Oktober 1928 boro-boro aya porji. Dalah hapé ogé ayana téh kabidiweunakeun sanggeus mardika. Para pamuda harita sanggup ngahiji bari nyieun kaputusan anu pohara gedé pangaruhna pikeun ngawujudkeun bangsa Indonesia anu mardika. Ari urang anu katelah generasi milénial rék ninggalkeun jasa naon keur nagara?
Sakapeung mah sok ngarasa éra ku diri sorangan. Para pamuda baheula jauh-jauheun saméméh mardika, dina 28 Oktober 1928 geus ngahariji tur mampu mikir panjang urusan nagara. Ari urang anu hirup kumbuh di jaman modern; bajoang ayeuna buruhna karasa ayeuna; kalah paluhur-luhur diuk jeung pagirang-girang tampian. Hayu ah urang gugu papatah karuhun, ‘sing runtut taut sauyunan, kacai jadi saleuwi ka darat jadi salogak, paheuyeuk-heuyeuk leungeun paantay-antay tangan ngawangun nagara’. Wilujeng miéling Hari Sumpah Pamuda 28 Oktober 2020!
Wilujeng mieling Hari Sumpah Pamuda 28 Oktober 2020! Reueus jadi pamuda Indonesia sanajan kuring can bisa bajoang jeung berkorban kawas Muhammad Yamin saparakanca.

Mari sejenak kita berdo’a untuk para pejuang bangsa Indonesia. Semoga mereka ditempatkan di tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.

Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *