Kata-kata Mendoakan dengan Bahasa Sunda

Kata-kata Mendoakan dengan Bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Apakah kamu ingin mendoakan orang lain menggunakan bahasa Sunda? Sesama manusia kita dianjurkan untuk saling mendoakan yang baik-baik. Misalnya mendoakan teman agar sukses, mendoakan sahabat agar selamat, supaya hasil tujuan, dan sebagainya.

Bacaan doa-doa sendiri dalam agama Islam sebetulnya sudah diberi contoh oleh Nabi Besar Muhammad SAW. Demi mengikuti sunnahnya, akan lebih baik jika kita hafal doa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Tetapi jika tidak hafal lafaz bahasa Arabnya, insya Allah, Alloh SWT akan mendengar doa-doa hambanya yang ikhlas.

Berikut ini contoh kata-kata bahasa Sunda untuk mendoakan orang lain seperti keluarga, teman, sahabat, rekan kerja, dan yang lainnya.

Berdoa untuk diri sendiri

Ya Alloh! Mudah-mudahan Gusti ngahapunten dosa-dosa abdi, ngaijabah sagala pamaksadan abdi kalawan salamet dunya sareng akhérat. Tebihkeun tina balai sareng cocobi anu di luar kamampuan abdi, paparin rejeki anu ageung, halal, sareng barokah. Aamiin.

Ya Alloh! Mudah-mudahan Gusti mengampuni dosa-dosa hamba, mengabulkan segala maksud hamba serta selamat dunia dan akhirat. Jauhkan hamba dari musibah dan ujian yang di luar kemampuan hamba, berilah hamba rijki yang besar, halal, dan berkah. Aamiin.

Doa untuk orangtua

Nun Gusti, ampuni dosa-dosa abdi sareng dosa ibu bapa abdi, sarta mugi Gusti mikanyaah aranjeuna sakumaha aranjeuna tos ngadidik abdi nuju alit.

Wahai Tuhanku, ampunilah dosa-dosaku dan kedua orangtuaku, serta kasihanilah mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidikku sewaktu kecil.

Mendoakan teman yang akan menikah

Mudah-mudahan acara pernikahanna sing dilancarkeun ku Alloh, oge mugia ditebihkeun tina sagala halangan harungan.

Mudah-mudahan acara pernikahannya dilancarkan oleh Allah, serta semoga dijauhkan dari halangan dan rintangan.

Ya Alloh! mugi-mugi Gusti ngalancarkeun pernikahan (sebut namanya) sareng (sebut namanya) aya dina kalancaran. Mugi Gusti mikarido ka aranjeunna.

Ya Allah! semoga Engkau melancarkan pernikahan (sebut namanya) dengan (sebut namanya) ada dalam kelancaran. Semoga Engkau meridai mereka berdua.

Mendoakan teman yang sedang ujian/ seleksi

Mudah-mudahan sing dibabarikeun, lamun hese sing bisa ngeusiannana, sing lulus tur hasilna nyugemakeun.

Mudah-mudahan dimudahkan, jika sulit semoga bisa mengisinya, semoga lulus dan hasilnya memuaskan.

Mudah-mudahan Gusti Alloh ngagampilkeun urusan anjeun sareng ngaijabah pamaksudan anjeun. 

Mudah-mudahan Gusti Allah memudahkan urusanmu dan mengabulkan maksudmu.

Mendoakan orang yang meninggal

Innalillahi wainnailaihi rojiun. Mugi Gusti ngahapunten dosa perdosana kalawan almarhum/ almarhumah ditempatkeun di tempat anu mulya mungguh Gusti. Kulawarga anu dikantunkeun mugia dipaparin katabahan. Aamiin.

Innalillahi wainnailaihi rojiun. Semoga Tuhan mengampuni dosa-dosanya, dan semoga almarhum/ almarhumah ditempatkan di tempat yang mulia di sisi-Nya. Keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan. Aamiin.

Innalillahi wainnailaihi rojiun. Mudah-mudahan pupusna sing khusnul khotimah. Aamiin.

Innalillahi wainnailaihi rojiun. Mudah-mudahan meninggalnya dalam keadaan khusnul khotimah. Aamiin.

Mendoakan orang lain yang sakit

Mudah-mudahan énggal damang deui sabihara sabihari.

Mudah-mudahan cepat sembuh lagi seperti biasanya.

Mudah-mudahan Gusti Alloh énggal ngangkat panyawatna kalawan digentos ku séhat walafiat.

Mudah-mudahan Gusti Allah cepat mengangkat penyakitnya serta diganti dengan sehat walafiat.

Baca juga: Kata-kata Mutiara Bahasa Sunda Persahabatan

Demikianlah, semoga bermanfaat.