Kata-kata motivasi bahasa Sunda

Contoh Kata-kata Motivasi Hidup Bahasa Sunda dan Artinya

SUNDAPEDIA.COM, Kata-kata motivasi hidup bahasa Sunda memiliki maksud untuk mendorong seseorang agar semangat menghadapi rintangan dan kesulitan.

Sebagai manusia biasa terkadang seseorang berada pada kondisi terpuruk, semangat menurun, mental jatuh, dihantui rasa takut, galau, dan kondisi di bawah lainnya.

Dalam kondisi seperti itu, siapapun pastinya butuh motivasi atau penyemangat dari orang-orang terdekat. Kehilangan semangat berlarut-larut bisa mengakibatkan putus asa. Dalam ajaran Islam yang saya yakini, putus asa terhadap rahmat Allah adalah termasuk dosa besar.

Makanya kita harus saling menyemangati dan menyelamatkan satu sama lain. Memberi semangat bisa melalui kata-kata motivasi, dukungan moral dan perilaku.

Baca juga: Contoh kata-kata gombal bahasa Sunda dan artinya

Jika ingin memberi motivasi pada teman atau saudara orang Sunda, di bawah ini ada beberapa contoh kata-kata motivasi bahasa Sunda lengkap dengan artinya.

Sanajan ripuh tapi kudu répéh rapih, omat tong ngarasula aral subaha ngarah hirup teu bangga. Artinya meskipun hidup susah tapi harus damai, jangan mengeluh supaya hidup tidak sulit.

Peureuh rasa kapeurih supaya jadi peurah. Artinya jadikan rasa sakit/kepedihan/kesulitan sebagai cambuk agar sukses/maju.

Tong leutik haté da Allah nyiptakeun mahluktéh teh pasti jeung rejekina. Artinya jangan berkecil hati, sebab Allah menciptakan makluk itu pasti dengan rizkinya.

Ulah éléh ku hayam kampung bau lisung, teu sakola tapi pinter ngoréh. Artinya jangan kalah sama ayam kampung, tidak sekolah tapi pinter berusaha.

Hirupmah tong ngarep-ngarep ku bantuan, anggurmah kudu hayang bisa mantuan ngarah boga ajén diri. Artinya hidup itu jangan menunggu bantuan, justru harus ingin bisa membantu supaya punya harga diri.

Tong kuméok méméh dipacok. Artinya jangan menyerah sebelum melangkah atau jangan menyerah sebelum mencoba.

Jadi pamingpinmah ulah gereges gedebug. Kudu leuleus jeujeur liat tali, landung kandungan laér aisan. Artinya jadi pemimpin itu jangan tergesa-gesa. Harus bijaksana dalam mengambil keputusan.

Sing motékar, tong hayang cicing waé dina curuk batur. Artinya harus kreatif (mandiri), jangan mau terus ada di bawah perintah orang lain.

Mun hirup hayang aya kamajuan kudu pindah cai pindah pileumpangan. Artinya jika hidup ingin ada kemajuan (perubahan), harus mau mengubah cara/sikap/perilaku.

Saeutik nyarita loba gawé leuwih hade tibatan loba nyarita euweuh hanca. Artinya sedikit bicara banyak bekerja lebih baik daripada banyak bicara tapi tidak ada hasil pekerjaan.

Tong guguan jeung ogoan da moal borok ku dipoyok. Artinya jangan mendengarkan omongan orang dan jangan mudah tersinggung sebab tidak akan rusak karena dihina.

Ulah gengsian da ripuhmah moal karasa ku batur. Artinya jangan gengsian sebab susah itu tidak akan terasa oleh orang lain.

Tong sieun kasaingan da milikmah moal pahiri-hiri. Artinya jangan takut tersaingi (usaha) sebab rizki tidak akan tertukar.

Kudu hayang beunghar ulah hayang katinggali beunghar. Artinya harus ingin kaya jangan ingin kelihatan kaya.

Tong nyeri hatéan da lain omongan batur nu seukeut tapi haté urang nu épésan. Artinya jangan mudah sakit hati sebab bukan perkataan orang lain yang tajam tapi hati kita yang mudah terluka.

Itulah beberapa contoh kata-kata motivasi dalam bahasa Sunda. Semoga kita semua tetap semangat dan kuat melewati segala rintangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *