Kata kata ucapan selamat jalan bahasa Sunda

Kata-kata Ucapan Selamat Jalan Bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya! Ucapan selamat jalan dalan bahasa Sunda biasanya disertai dengan do’a atau pesan-pesan khusus. Kalau dalam bahasa Indonesia biasanya “semoga selamat di perjalanan” atau “semoga selamat sampai tujuan”.

Kata-kata selamat jalan biasanya diucapkan untuk orang yang akan bepergian, atau tamu yang hendak pulang. Bukan sekadar basa basi, tetapi juga menjadi do’a dan untuk lebih mempererat hubungan baik antara orang yang ditinggalkan dengan orang yang akan pergi.

Bahasa Sundanya selamat jalan adalah wilujeng angkat. Wilujeng artinya selamat, termasuk bahasa Sunda halus yang bisa dipakai untuk ucapan selamat tinggal dalam bahasa Sunda.

Angkat merupakan bahasa Sunda halus untuk orang lain, untuk diri sendiri gunakan kata mios. Angkat dan mios memiliki arti yang sama, yaitu pergi atau berangkat. Penggunaan kata untuk orang lain dan untuk diri sendiri bisa dilihat di undak usuk basa.

Contoh kalimat: Abdi bade mios ka Garut, Bapa bade angkat ka Bandung. Artinya: Saya akan pergi ke Garut, Bapak akan pergi ke Bandung.

Bahasa Sunda loma (akrab) dari kata angkat yaitu indit dan miang. Sedangkan bahasa kasarnya yaitu mantog (berarti juga pulang).

Contoh kalimat

Wilujeng angkat Kang, mugia salamet dugi ka tempat anu dituju. Artinya selamat jalan Kang, semoga selamat sampai tujuan.

Wilujeng angkat Teh, kadé hati-hati di jalan. Upami tos dugi omat kabaran. Artinya selamat jalan Teh, hati-hati di jalan. Kalau sudah sampai kabari.(Kadé=awas merupakan kata peringatan supaya hati-hati).

Wilujeng angkat Pa, omat teu kenging kapok sumping deui ka dieu. Artinya selamat jalan Pak, jangan kapok datang lagi ke sini. (Omat merupakan pesan atau kata penekanan untuk melakukan kata-kata setelahnya).

Wilujeng angkat Bu, hapunten teu tiasa ngajajap. Mugi salamet di perjalanan. Artinya selamat jalan Bu, maaf tidak bisa mengantar. Semoga selamat di perjalanan).

Wilujeng angkat Aa, jug didu’akeun sing hasil nu dipimaksad. Artinya selamat jalan Aa, dido’akan semoga hasil maksud. (Jug merupakan kecap panganteur untuk mempersilakan pergi).

Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *