Ucapan selamat siang bahasa Sunda

Kata-kata Ucapan Selamat Siang Bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya! Kata-kata ucapan selamat siang dalam bahasa Sunda lazimnya diucapkan siang hari dari pukul 10.00 sampai pukul 14.00. Bahasa Sunda memiliki kata-kata sendiri untuk menyampaikan ucapan selamat pada waktu siang, malam dan pagi.

Basa Sundanya selamat adalah wilujeng. Kata wilujeng ini termasuk bahasa Sunda halus, setahu saya tidak ada bahasa loma atau kasarnya. Jika canggung mengucapkan wilujeng karena dianggap halus maka teman akrab biasanya mengucapkan “selamat”, sebagai kata ‘pinjaman’ dari bahasa Indonesia.

Kata ‘selamat’ hanya dipinjam ketika mengucapkan selamat atas keberhasilan tertentu, misalnya diucapkan sambil berjabat tangan.

Sedangkan untuk ucapan selamat siang, selamat pagi, selamat malam dan lainnya tetap menggunakan kata wilujeng.

Bahasa Sundanya siang adalah beurang (loma) dan siang (halus). Siang dalam bahasa Sunda termasuk bahasa halus atau lemes. 

Jadi, ucapan selamat siang dalam bahasa Sunda adalah wilujeng siang. Tidak bisa diganti atau tidak tepat jika diganti dengan selamat beurang atau wilujeng beurang. Jika memakai kata selamat ditambah dengan kata siang itu masuknya bahasa Indonesia.

Baca juga: Nama-nama waktu dalam bahasa Sunda

Wilujeng siang biasanya diucapkan sebagai pembuka pembicaraan, baik percakapan dua arah yang bersifat formal atau sebagai kalimat pembuka biantara (pidato), pembawa acara, atau sambutan.

Contoh ucapan wilujeng siang oleh admin (by phone) atau security perkantoran dalam rangka menyambut tamu.

Wilujeng siang! aya nu tiasa dibantos?

Artinya: Selamat siang! ada yang bisa dibantu?

Contoh ucapan wilujeng enjing pada kalimat pembuka pidato bahasa Sunda.

Wilujeng siang Bapa miwah Ibu anu sami rawuh dina ieu tempat. Langkung tipayun sim kuring ngahaturkeun nuhun kana kasumpingan Bapa sinareng Ibu.

Artinya: Selamat siang Bapak dan Ibu yang sama-sama hadir di tempat ini. Terlebih dahulu saya ucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak beserta Ibu.

Contoh ucapan selamat siang untuk untuk pacar, teman kerja, atasan atau bawahan.

Wilujeng siang bageur! Atos tuang teu acan, upami teu acan hayu urang sareng tuang di tempat biasa.

Wilujeng siang Bapa/Ibu! mugi tetep sumanget didamelna. Sakedap deui istirahat.

Wilujeng siang Bapa/Ibu! hapunten ngemutan, waktos istirahat sakedap deui seep.

Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *