Macam-macam Hobi dalam Bahasa Sunda

Macam Macam Hobi Dalam Bahasa Sunda dan Artinya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya Sunda! Setiap orang pasti memiliki hobi. Hobinya itu mungkin lebih dari satu jenis, mungkin sama dengan orang lain, tapi mungkin juga beda.

Hobi itu bermacam-macam. Ada hobi yang menghasilkan uang ada juga yang harus mengeluarkan uang. Tapi kalau sudah hobi, orang tidak peduli harus keluar uang berapa. Yang penting senang.

Akan sangat menyenangkan jika kita bekerja sesuai hobi atau hobi yang jadi pekerjaan seperti sepak bola, fotografi, dan lain-lain. Ingat waktu kecil, kita asyik bermain bola walaupun harus hujan-hujanan dan pulang dimarahi orangtua.

Dalam bahasa Sunda, hobi artinya karesep atau kaseneng. Karesep merupakan bahasa Sunda loma, asal katanya dari resep yang berarti suka. Cara membacanya resep, bukan resép.

Kaseneng adalah bahasa Sunda halus, asal katanya dari seneng artinya suka. Seneng juga artinya sama dengan beuki (Sunda loma), namun beuki tidak sama dengan resep. Beuki lebih cenderung kepada selera terhadap makanan, jadi kabeuki itu artinya makanan kesukaan.

Nama Macam-macam Hobi Dalam Bahasa Sunda

Hobi dalam bahasa Sunda tidak jauh beda dengan bahasa Indonesia. Berikut ini nama-nama hobi dalam bahasa Sunda.

No.Nama HobiNama Hobi Dalam Bahasa Sunda
1MemasakMasak
2MelukisNgagambar
3MembacaMaca
4MenariNgigel
5BernyanyiNgawih
6MenulisNulis
7MenontonLalajo
8Mendengarkan musikNgadéngékeun musik
9TidurSaré
10MakanDahar
11BerenangNgojay
12BersepedaSasapédahan
13Mengendarai motorMomotoran
14MendakiNaék gunung
15MemancingNguseup
16LariLumpat
17BerjalanLeumpang
18FotografiPopotoan
19Berbincang-bincangNgawangkong
20Bermain gitarNgagitar
21Bermain pianoMaén piano
22Bermain bolaMaén bal
23Bulu tangkisNepak
24Tenis mejaPingpong
25Bermain boneka, bermain peranAnyangan
26BerkebunNgebon
27Bermain kelerengNgadu kaleci

Dari daftar hobi yang saya tulis di atas, banyak hobi yang bisa menghasilkan uang. Apalagi sekarang zamannya blog dan youtube, hobi yang dulunya tidak bisa menghasilkan uang pun kini bisa dijadikan pekerjaan.

Di Youtube sekarang banyak channel besar milik orang yang hobi makan, hobi bernyanyi, hobi memancing, hobi berkebun, dan lain-lain. Mereka menikmati hobinya sambil meraup uang dari internet.

Selama karyanya positif dan tidak melanggar aturan negara serta norma agama apa salahnya hobi dikembangkan menjadi usaha. Betul?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *