Materi Artikel Bahasa Sunda, Pengertian, Fungsi, dan Ciri

Materi Artikel Bahasa Sunda: Pengertian, Fungsi, dan Ciri

10 Dilihat

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Pada postingan ini saya akan berbagi materi pangajaran basa Sunda tentang artikel atau bahasan. Materi artikel bahasa Sunda diajarkan pada muatan lokal kelas XII SMA/SMK/MA/MAK/ sederajat di Provinsi Jawa Barat.

Artikel dapat kita temukan di majalah, surat kabar, tabloid, buletin. Pada zaman sekarang, artikel berbahasa Sunda juga dapat kita temukan di media online maupun di media sosial. Meskipun jumlahnya tidak banyak tetapi ada beberapa media online yang menulis artikel dalam bahasa Sunda.

Pengertian Artikel

Menurut pengertian basa Sunda, artikel hartina nya éta tulisan lepas nu eusina mangrupa opini hiji jalma anu ngajujut hiji masalah nu tangtu, sipatna aktual atawa kontrovérsial kalawan udagan pikeun méré nyaho eung ngayakinkeun, atawa ngahibur halayak nu maca.

Disebut tulisan lepas karena siapa pun bisa menulis artikel dengan tema bebas sesuai dengan keahlian atau minat masing-masing.

Ada juga yang menyebutkan artikel adalah karya tulis lengkap di media massa seperti surat kabar, majalah, tabloid, dan sebagainya.

Menulis artikel merupakan kegiatan mencurahkan ide atau gagasan lewat tulisan. Penulis biasanya ingin menyampaikan informasi, hiburan, informasi, atau solusi untuk mengatasi suatu masalah.

Fungsi Artikel

– Penerjemah warta dina kalawarta

Untuk kalawarta, tabloid, atau majalah, artikel yang ditulis oleh ahli di bidangnya berfungsi untuk pendamping sekaligus penerjemah dan penganalisa warta (berita). Artikel berfungsi untuk menyatukan fakta-fakta berita.

– Wahana diskusi geusan néangan solusi sarta prosés aktualisasi jeung éksisténsi diri.

1. Wahana diskusi dan sosialisasi gagasan

Orang-orang yang memiliki pendapat atau penilaian terhadap apa yang dilihat, didengar, atau dialaminya dapat menyampaikan gagasan atau sikapnya melalui artikel.

2. Sarana kontribusi pamikiran pikeun méré solusi kana hiji masalah

Artikel menjadi sarana atau media bagi penulis dalam menyampaikan pemikirannya untuk mengatasi suatu masalah.

3. Sarana aktualisasi sakaligus pikeun éksisténsi diri

Tidak sedikit orang berpikir yang menulis artikel untuk sarana aktualisasi dan eksistensi dirinya.

Ciri Artikel

Artikel yang ditulis untuk majalah memiliki 7 ciri, yaitu:

1. Aya ngaran nu nulisna (ada pengarangnya)

Artikel merupakan karya individual atau pribadi, nama penulisnya harus dicantumkan dengan jelas. Nama penulis artikel opini biasanya disimpan di atas (di bawah judul), sedangkan artikel ringan nama penulisnya disimpan di bawah.

2. Miboga gagasan anu aktual atawa kontrovérsial (Memiliki gagasan yang aktual dan atau kontroversial)

Artikel harus memiliki gagasan yang aktual, kontroversial, atau keduanya. Aktual artinya baru atau belum dibahas oleh orang lain.

3. Gagasan nu diangkat dina tulisan kudu patali jeung kapentingan jalma réa (gagasan yang diangkat dalam tulisan harus terkait dengan kepentingan umum)

Artikel yang ditulis harus bermanfaat untuk umum sesuai dengan pasar pembaca media yang menerbitkannya.

4. Ditulis kalayan référénsial ku visi nu inteléktual (ditulis dengan referensi oleh visi intelektual)

Artikel merupakan tulisan non fiksi karya kreatif intelektual. Sebagai karya intelektual, artikel harus didukung oleh ilmu dan teori yang relevan.

5. Dipidangkeun dina basa nu hirup, populér, jeung komunikatif (Disajikan dalam bahasa yang hidrup, populer, dan komunikatif)

Artikel harus menggunakan bahasa jurnalistik, yaitu bahasa yang biasa dipakai dalam pers, majalah, tabloid, kalawarta, dan buletin.

6. Singget jeung tuntas (Singkat dan jelas)

Singkat tidak berputar-putar dan disesuaikan dengan kavling atau ruang yang disediakan. Artikel juga tidak bersambung, tetapi tuntas pada saat itu.

7. Orisinil (asli)

Artikel asli karya pribadi dan bukan hasil plagiat (copy paste) dari tulisan orang lain. Artikel yang dikirim ke media juga harus aslinya, bukan salinannya.

Baca juga: Contoh Artikel Bahasa Sunda tentang Kesenian Wayang Golek

Demikianlah, semoga bermanfaat.