Nama-nama Hari Bahasa Sunda

Nama-nama Hari Dalam Bahasa Sunda, Indonesia, Inggris dan Arab

SUNDAPEDIA.COM,  Sampurasun baraya! Dalam seminggu kita akan mengalami 7 (tujuh) kali pergantian hari. Setiap hari itu ada namanya. Kita akan sangat bingung kalau hari tidak punya nama. Betul?

Nama-nama hari di tiap daerah itu ternyata beda, bergantung bahasa daerah atau negara masing-masing. Dalam Bahasa Indonesia namanya Senin, di Inggris namanya Monday, di Arab Isnain, dalam bahasa Sunda namanya Senen.

Jadi nama hari tidak seperti nama tempat. Berbicara dengan bahasa apapun nama tempat itu tetap sama. Contohnya Garut, dalam bahasa Sunda namanya Garut, pakai bahasa Inggris juga tetap Garut. Yang beda hanya cara mengucapkan kata Garut antara lidah orang Sunda dan orang Inggris.

Nah, di sini saya akan bagikan nama-nama hari dalam Bahasa Sunda, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Langsung saja lihat perbedaan namanya di bawah ini.

Bahasa SundaBahasa IndonesiaBahasa InggrisBahasa Arab
AhadMingguSundayAhad
SenénSeninMondayItsnain
SalasaSelasaTuesdayTsulatsa’
ReboRabuWednesdayArbia’
KemisKamisThursdayKhamiis
JumatJumatFridayJumu’ah
SaptuSabtuSaturdaySabtu

Dari tabel nama-nama hari di atas, bisa kita lihat nama-nama hari dalam bahasa Sunda sangat mirip dengan nama hari dalam Bahasa Indonesia. Rata-raya hanya beda satu huruf.

Nama hari dalam Bahasa Indonesia dan bahasa Sunda dengan bahasa Inggris sangat berbeda, tidak ada mirip-miripnya. Sedangkan dengan bahasa Arab terdapat banyak kemiripan. Apakah hal ini menunjukan bahwa nama-nama hari dalam bahasa Sunda dan bahasa Indonesia menyerap dari bahasa Arab?

Jika diperhatikan, nama-nama hari dalam bahasa Arab ternyata merupakan hitungan dari satu dan seterusnya. Ahad = 1, Itsnain = 2, Tsulatsa’ = 3, Arbia’ = 4, Khamiis = 5.

Dikutip dari klikberita.co.id, Jumat adalah nama penyerapan dari kosa kata yaumu-l-jumu’ati  yang artinya ramai, sebab pada hari Jumat keramaian orang-orang pergi untuk beribadah Shalat Jumat.

Sedangkan saba’atun yang artinya hari Sabtu diambil dari bahasa Ibrani, sabat, yang berarti “berhenti bekerja”. Kata ini juga memiliki akar sama dengan kata sab’at atau sab’ah dalam bahasa Arab yang berarti 7 (tujuh).

Baca juga: Kamus Bahasa Sunda tentang Bilangan atau Angka (Berhitung)

Itulah nama-nama hari dalam bahasa Sunda, Indonesia, Inggris dan Arab. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *