Ngaran Lauk atau Nama-nama Ikan Bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Bahasa Sundanya ikan adalah lauk. Bahasa sundanya lauk adalah deungeun sangu atau deungeunna. Di sini saya akan berbagi ngaran-ngaran lauk atau nama-nama ikan dalam bahasa Sunda.

Ikan adalah jenis binatang yang hidup di air. Ikan itu yang diternak dalam kolam ada juga yang hidup liar di sawah, sungai, rawa, maupun di laut. Selain itu, ada juga ikan hias yang biasa ditanam di akuarium.

Ngaran lauk atau nama ikan dalam bahasa Sunda antara lain sebagai berikut:

Nama ikan kolam (Lauk balong)

  1. Nilem
  2. Jaer
  3. Emas
  4. Nila
  5. Ondol, gendol
  6. Tawes
  7. Lele
  8. Sepat

Ikan kolam biasanya dikasih pakan atau parab. Pakan ternak ikan modern kebanyakan buatan pabrik. Tapi di kampung-kampung banyak kolam yang ditanami ikan hanya untuk konsumsi keluarga, parabnya pun cukup dari sisa-sisa makanan.

Mengambil ikan di kolam umumnya diusep (dipancing), dikecrik, disirib (dijaring), atau dibedahkeun (dikuras airnya).

Nama Ikan yang habitatnya di sawah

Ikan yang habitat aslinya di sawah adalah belut. Belut adalah sejenis ikan yang sangat licin. Memancing belut namanya ngurek menggunakan pancing khusus dengan umpan cacing.

Selain diurek, mengambil belut di sawah bisa juga dengan cara ngobor. Ngobor adalah ngala (mengambil) belut di sawah pada malam hari menggunakan lampu. Musim ngobor yang tepat yaitu setelah sawah dicangkul sampai padi tumbuh masih kecil.

Kalau malam hari biasanya belut-belut akan muncul ke permukaan sawah, dengan bantuan lampu maka belut-belut itu akan kelihatan. Memungutnya bisa ditebas pakai gergaji (supaya tidak putus) atau dicapit menggunakan tang.

Nama Ikan sungai

  1. Kéhkél
  2. Ménga
  3. Udikan
  4. Baragalan
  5. Beunteur
  6. Lubang

Baca juga: Ngaran Manuk atau Nama Burung Bahasa Sunda

Nama ikan laut dan ikan hias bahasa Sunda sama dengan nama ikan dalam bahasa Indonesia. Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *