Ucapan Selamat Hari Guru Bahasa Sunda dan Artinya

Ucapan Selamat Hari Guru Nasional Bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Mengucapkan selamat Hari Guru merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap guru-guru kita.

Jasa guru dalam hidup kita begitu besar, namun kita sering lupa bahkan suka merasa bahwa kesuksesan yang kita raih hasil dari jerih payah sendiri. Padahal di situ banyak jasa orang lain, terutama jasa orangtua dan guru. Tanpa ilmu, do’a, dan rida guru serta orangtua, kita bukan siapa-siapa.

Pendidikan dari orangtua dan guru itu ibarat obat, seringkali terasa pahit namun sebetulnya untuk kebaikan kita sendiri. Kewajiban kita bukan mengatur bagaimana sikap guru dan orangtua terhadap kita, tapi bagaimana kita bersikap hormat terhadap mereka.

Murid yang diridai gurunya akan mendapat keberkahan dan manfaat serta ladang pahala dunia akhirat. Ilmunya akan bermanfaat bagi kehidupan dirinya dan bermanfaat juga bagi orang lain.

Dikutip dari Umma.id, Ustaz Ainul menjelaskan, berdasarkan pendapat Syaikh Burhanuddin dalam kitab Ta’lim Muta’allim diterangkan:

“Bahwa termasuk arti menghormati guru, yaitu jangan berjalan di depannya; duduk di tempatnya; memulai mengajak bicara kecuali atas perkenan darinya; berbicara macam-macam darinya; dan menanyakan hal-hal yang membosankannya. Cukuplah dengan sabar menanti di luar hingga ia sendiri yang keluar dari rumah. Tidak ada upaya kecintaan dan memuliakan ilmu itu sia-sia, sebab di dalamnya banyak hikmah dan rahasia Allah SWT menyertainya.”

Banyak cara mengungkapkan rasa cinta, terima kasih dan penghargaan kepada guru. Salah satu yang bisa dilakukan ialah melalui ucapan pada momen Hari Guru Nasional.

Ucapan selamat Hari Guru bisa disampaikan/ dirikim langsung lewat jalur pribadi atau melalui status di media sosial. Misalnya di status Facebook, WhatsApp, Twitter, dan Instagram.

Mengucapkan selamat Hari Guru bisa dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, atau menggunakan bahasa daerah masing-masing.

Untuk yang ingin menggunakan bahasa Sunda, berikut ini beberapa contoh ucapan Hari Guru Nasional dalam bahasa Sunda dan artinya.

1. Wilujeng Hari Guru Nasional taun 2020. Hatur nuhun Bapa miwah Ibu Guru anu parantos ngatik ngadidik ka abdi sadaya. Mugia Gusti nangtayunan guru-guru sadayana.

Selamat Hari Guru Nasional tahun 2020. Terima kasih Bapak dan Ibu Guru yang telah mendidik kami. Semoga Tuhan melindungi guru-guru semua.

2. Upami teu aya jasa Ibu sareng Bapa Guru, abdi sadayana sanes sasaha. Hatur nuhun tos masihan atikan sinareng élmu pangaweruh kalawan pinuh ku kasabaran. Wilujeng Hari Guru Nasional 25 November 2020.

Jika tanpa jasa Bapak dan Ibu Guru, kami semua bukan siapa-siapa. Terima kasih telah memberi pendidikan serta ilmu pengetahuan dengan penuh kesabaran. Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2020.

3. Ti enjing ngatik ngadidik murangkalih parat dugi ka siang teu ngarasula malah tambah nyaah. Hapunten salami sakola sadidinten teu weléh ngahésékeun. Mugia Bapa Ibu Guru salamina aya dina panangtayungan Gusti Nu Maha Suci. Wilujeng Hari Guru Nasional 25 November.

Dari pagi mendidik anak-anak sampai siang tidak mengeluh malah makin sayang. Maaf selama kami sekolah sehari-hari terus-terusan merepotkan. Semoga Bapak Ibu Guru senantiasa ada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Suci. Selamat Hari Guru Nasional 25 November.

4. Guru béak karep melaan urang supaya jadi jalma anu mangpaat, salamet, béh dituna jadi jalma jeneng. Baheula mah balik-balakianan narimakeun, nu aya sok kalah ngahanakeun. Kiwari karasa kaduhungna mah. Wilujeng Hari Guru Nasional, mugi teu bosen-bosen ngatik ngadidik generasi Indonesia.

Guru habis-habisan membela kita supaya jadi orang yang bermanfaat, selamat, dan menjadi orang sukses. Dulu jangankan berterima kasih, yang ada malah suka melawan. Sekarang baru terasa menyesal. Selamat Hari Guru Nasional, semoga tidak bosan-bosan mendidik generasi Indonesia.

5. Kerasna warahan guru teu sakeras kahirupan nu keur/ bakal*) karandapan. Wilujeng Hari Guru Nasional.

Kerasnya pendidikan guru tidak sekeras kehidupan yang sedang/ akan*) dialami. Selamat Hari Guru Nasional.

Baca juga: Macam-macam Ucapan Selamat dalam Bahasa Sunda

Demikianlah, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *