Kata-kata Ucapan Selamat Hari Ibu Bahasa Sunda dan Artinya

Ucapan Selamat Hari Ibu Bahasa Sunda Tahun 2020 dan Artinya

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun! Peringatan Hari Ibu (PHI) jatuh pada tanggal 22 Desember. PHI yang ke-92 tahun 2020 mengusung tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. Maksud diadakannya peringatan Hari Ibu adalah untuk menghargai peran dan jasa ibu, khususnya dalam keluarga.

Pada postingan ini saya akan membagikan contoh kata-kata bijak, ucapan terima kasih untuk ibu, dan ucapan selamat hari ibu dalam bahasa Sunda. Bagi pembaca yang tidak mengerti bahasa Sunda, jangan khawatir karena ucapan PHI bahasa Sunda ini dilengkapi dengan terjemahannya.

Bahasa Sundanya selamat hari ibu adalah wilujeng dinten ibu (halus) atau wilujeng poé indung (loma/ akrab).

Basa Sunda LemesBasa Sunda LomaBahasa Indonesia
WilujengWilujengSelamat
DintenPoéHari
IndungIbuIbu

Ucapan Terima Kasih Bahasa Sunda untuk Ibu

Gera punjung indung anu ngandung malar rido Gusti Anu Agung. Lamun hirup nurus tunjung, bakal kaduhung sagede gunung. Wilujeng poe indung!

Artinya: Hormati dan beraktilah kepada ibu yang mengandung agar mendapat ridha Tuhan Yang Maha Besar. Jika hidup menyebalkan akan sangat menyesal. Selamat hari ibu!

Untuk contoh selanjutnya, bisa ditambahkan wilujeng poe indung atau wilujeng dinten ibu di akhir ucapan terima kasih atau kata bijak untuk ibu. Tergantung tingkatan bahasanya.

Hatur nuhun ema-ema, tos ngagubragkeun jalma-jalma anu bumela ka nagara katut agama. Mugia ema-ema salamina sing sugema.

Artinya: Terima kasih emak-emak yang telah melahirkan orang-orang yang membela negara dan agama. Semoga emak-emak bahagia selamanya.

Teu aya waktu indung nu kalangkung, muntang tulung kanu Maha Agung supaya anak incu hirup nanjung.

Artinya: Tak ada waktu ibu yang terlewatkan, meminta tolong (berdo’a) pada Yang Maha Besar agar hidup anaknya sukses.

Indung kuring mah sanajan ripuh tur loba bangbaluh tapi teu ngangluh. Pura-pura gumbira najan batin anjeunna keur tunggara. Omat ema abdi hampura, rumasa can tiasa mulang tarima ka salira.

Artinya: Ibuku meskipun lelah dan banyak masalah tapi tak pernah mengeluh. Pura-pura gembira walaupun batinnya sedang merana. Ibu maafkan saya yang belum bisa membalas budi kepadamu.

Indung anu ngandung tara pundung sanajan anakna sok rajeun nyinggung.

Artinya: Ibu yang mengandung tidak benci walau anaknya terkadang menyinggung perasaan.

Nyaahna ema mah teu dibeja-beja tapi karasa. Hanjakal urang sok teu boga rasa rumasa, ingetna ngan sataun sakali dina 22 Desember. Hapunten abdi ema! Mugi Gusti mikanyaah emak saperti ema mikanyaah abdi.

Artinya: Sayangnya ibu itu tidak dipamerkan tapi terasa. Tetapi sayang kita punya balas budi, ingatnya cuma setahun sekali pada 22 Desember. Maafkan aku ibu! Semoga Tuhan menyayangimu seperti engkau menyayangiku.

Mamah mah jembar manah, sanajan anjeunna nuju susah tapi alim nyusahkeun.

Artinya: Mamah itu bijaksana, meskipun beliau sedang susah tapi tidak mau menyusahkan (anak-anaknya).

Mah, hatur nuhun tos mikanyaah ka abdi ti memeh gubrag ka alam dunya dugi ka kiwari. Sanaos abdi sering masihan katugenah tapi kanyaah Mamah teu aya laasna. Hapunten abdi Mah, rumaos seueur kalepatan sareng teu acan tiasa babaktos.

Artinya: Mah, terima kasih sudah menyayangiku dari sebelum lahir sampai saat ini. Meskipun aku sering membuatmu tersinggung, tetapi kasih sayangmu tak pernah sirna. Maafkan saya bu yang banyak kesalahan dan belum bisa berbaktu.

Umi, ti kawit lahir dugi ka kiwari umi teu kendat mikanyaah abdi. Mugi umi sing dipikaasih ku Gusti anu Maha Suci. Pikadiro abdi supados janten jalmi anu dipikarido ku Gusti.

Artinya: Umi, sejak lahir sampai sekarang umi tak henti-hentinya menyayangiku. Semoga umi dikasihi Tuhan Yang Maha Suci. Ridhailah aku agar menjadi orang yang diridhai Tuhan.

Ka bapa-bapa hebat anu ngarangkep pancen jadi indung, sing meunang kabungah anu teu manggih tungtung. Wilujeng poé indung!

Artinya: Untuk bapak-bapak yang merangkap tugas jadi ibu, semoga mendapat kebahagiaan selama-lamanya. Selamat hari Ibu!

Baca juga: Ucapan Selamat Tahun Baru 2021 Bahasa Sunda dan Artinya

Demikianlah, semoga bermanfaat.