Ucapan Selamat Malam dan Tidur Romantis Bahasa Sunda

Ucapan Selamat Malam & Selamat Tidur Romantis Bahasa Sunda

SUNDAPEDIA.COM, Sampurasun baraya Sunda! Mau mengucapkan selamat malam dan selamat tidur romantis dengan bahasa Sunda? Baik, di postingan ini saya akan coba buatkan kata-kata bahasa Sunda selamat malam dan selamat tidur.

Kuncinya ada pada 3 kata, yaitu selamat, malam, dan tidur. Berarti kita harus tahu dulu terjemah bahasa Sunda untuk kata-kata tersebut.

Selamat

Selamat itu ada dua, yaitu selamat yang berarti ucapan selamat seperti selamat malam dan selamat yang berarti terhindar dari bahaya/bencana.

Selamat yang berarti ucapan, dalam bahasa Sunda artinya wilujeng. Sedangkan selamat yang berarti terhindar dari bahaya artinya salamet.

Baik wilujeng atau salamet, tidak ada tingkatan halus, loma atau kasar. Jadi bisa dipakai dalam semua tingkatan bahasa Sunda.

Malam

Bahasa Sundanya malam adalah peuting (loma), dan wengi (halus). Kata yang biasa digunakan dalam ucapan selamat adala bahasa Sunda halus.

Tidur

Bahasa Sundanya tidur cukup banyak, yaitu: kulem, mondok, bobo, sare, hees, dan molor.

Kulem adalah bahasa Sunda lemes untuk orang lain. Mondok bahasa Sunda lemes untuk diri sendiri, bobo juga termasuk bahasa Sunda halus untuk anak-anak atau orang yang disayang.

Sare adalah bahasa Sunda loma, sedangkan hees dan molor merupakan bahasa Sunda kasar.

Kulem dan bobo adalah kata yang paling tepat digunakan untuk ucapan selamat tidur dalam bahasa Sunda.

Ucapan Selamat Malam Bahasa Sunda

Sesuai dengan penjelasan di atas tadi, ucapan selamat malam yang tepat dalam bahasa Sunda adalah wilujeng wengi.

Wilujeng wengi adalah ucapan selamat tidur yang sangat sederhana. Boleh juga ditambahkan dengan nama, sapaan orang yang diberi ucapan selamat atau ditambah do’a-do’a.

Contoh ucapan selamat tidur romantis buat pacar: “Wilujeng wengi Luna bageur” (selamat malam Luna sayang). Bageur artinya baik atau sapaan sayang dan memanjakan.

Kalau mendapat ucapan wilujeng wengi, jawabannya sama wilujeng wengi.

Ucapan wilujeng wengi boleh diucapkan sebagai kata-kata pembuka pembicaraan, bisa juga dipakai sebagai penutup.

Contoh sebagai  ucapan pembuka:

Wilujeng wengi hadirin anu ku simkuring dipihormat (selamat malam hadirin yang saya hormati).

Contoh sebagai kata penutup.

Sakitu anu tiasa kapihatur, hatur nuhun kana perhatosanna. Wilujeng wengi. (Demikian yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya. Selamat malam)

Ucapan Selamat Tidur Bahasa Sunda

Selamat Tidur dalam bahasa Sunda adalah wilujeng kulem, wilujeng bobo, atau wilujeng leleson.

Wilujeng kulem dan wilujeng leleson biasanya digunakan dalam percakapan resmi atau untuk orang yang dihormati.

Sedangkan wilujeng bobo digunakan untuk pacar, suami istri, dalam percakapan dengan orang yang lebih akrab atau dalam suasana santai.

Contoh ucapan selamat tidur romantis bahasa Sunda:

Wilujeng bobo bageur, ngimpen endah. Kade hilap ngado’a nya. (Selamat tidur sayang, mimpi indah. Jangan lupa berdo’a ya).

Kalau sedang asyik ngobrol atau chating, cara halus untuk menyuruh tidur yang romantis adalah:

Tos wengi bilih bade istirahat. Enjing dilakengkeun deui. Wilujeng bobo!” artinya sudah malam, silakan kalau mau tidur. Besok dilanjutkan lagi. Selamat tidur.

Sono keneh ieuteh hoyong keneh ngobrol, mung hawatos bilih tos tunduh. Enjing we dilajengkeun deui, wilujeng kulem. (masih kangen mau terus ngobrol, tapi takutnya sudah ngantuk. Besok aja dilanjutin, selamat tidur).

Demikianlah, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *